DetikNews
Jumat 03 April 2015, 11:44 WIB

Marty Natalegawa Terpilih Menjadi Anggota Panel Tingkat Tinggi Kesehatan PBB

- detikNews
Marty Natalegawa Terpilih Menjadi Anggota Panel Tingkat Tinggi Kesehatan PBB Foto: Marty Natalegawa bersama Ban Ki Moon (Istimewa/Humas Kemenlu)
Jakarta - Mantan Menteri Luar Negeri RI Marty Natalegawa dipilih menjadi anggota panel tingkat tinggi PBB dalam 'Respons Global Terhadap Krisis Kesehatan'. Tim panel itu terdiri dari 6 orang dan diketuai oleh Presiden Republik Tanzania Jakaya Mrisho Kikwete.

Dikutip dari situs resmi PBB, Jumat (3/4/2015) panel ini dibentuk oleh Sekjen PBB Ban Ki Moon dalam rangka meningkatkan pencegahan krisis kesehatan. Ada pun anggota tim selain Marty adalah Celso Luiz Nunes Amorim (Brasil), Micheline Calmy-Rey (Swiss), Joy Phumaphi (Botswana), dan Rajiv Shah (Amerika Serikat).

Tugas utama dari panel tingkat tinggi yakni membuat rekomendasi untuk sistem pencegahan serta pengelolaan nasional terhadap ancaman krisis kesehatan. Panel juga diminta mengambil contoh dari kasus penyebaran virus Ebola.

Panel dapat menjalin kerja sama dengan berbagai pihak seperti LSM, perwakilan negara-negara terdampak Ebola, lembaga akademik, penyedia kesehatan, swasta, serta sektor lainnya.

Tim ini akan melakukan pertemuan perdana pada awal Mei 2015. Setelah itu mereka akan melakukan pertemuan rutin dan melaporkan hasilnya kepada Sekjen PBB pada Desember 2015. Selanjutnya PBB akan melakukan tindak lanjut atas rekomendasi yang diberikan.


  • Marty Natalegawa Terpilih Menjadi Anggota Panel Tingkat Tinggi Kesehatan PBB
    Foto: Marty Natalegawa bersama Ban Ki Moon (Istimewa/Humas Kemenlu)
  • Marty Natalegawa Terpilih Menjadi Anggota Panel Tingkat Tinggi Kesehatan PBB
    Foto: Marty Natalegawa bersama Ban Ki Moon (Istimewa/Humas Kemenlu)

(bpn/nrl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed