detikNews
Senin 16 Maret 2015, 18:02 WIB

Warga Sudah Tahu Jembatan Sinday Lebak Akan Ambruk, Pemda Tak Beri Dana

- detikNews
Warga Sudah Tahu Jembatan Sinday Lebak Akan Ambruk, Pemda Tak Beri Dana
Lebak, - Pemerintah Daerah Lebak mengucurkan dana taktis s‎ebesar Rp 200 juta untuk perbaikan jembatan yang roboh di Kecamatan Pejagan, Lebak. Itu adalah dana taktis yang dikeluarkan di luar dari pembangunan yang dianggarkan dalam APBD.

Untuk perbaikan jembatan, Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya ternyata menganggarkan hingga Rp 4 miliar.

"‎Rp 4 miliar (bangun jembatan). Hitung saja misal Rp 65 juta per meter kali 150 m berapa?," kata Iti pada wartawan di kampung Sinday, Lebak, Banten, Senin (16/3/2015).

Angka itu juga disampaikannya saat menemani Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono yang meninjau lokasi jembatan roboh. Saat Iti menyebut anggaran Rp 4 miliar untuk membangun jembatan, Anies terlihat kaget.

"Untuk rehabilitasi (jembatan gantung) ini sampai Rp 4 miliar? Kayaknya nggak sebanyak itu, bu," kata Anies pada Iti.

Tak terdengar jelas lagi apa pembicaraan lanjutan Anies dan Iti. Saat itu wartawan sedang bersiap meliput Anies menyeberang sungai.

Di kesempatan terpisah, Iti mengatakan di Lebak ada sekitar 900-an jembatan gantung dan 360 di antaranya dalam kondisi rusak parah. Setiap tahun, hanya 15 jembatan gantung yang dianggarkan untuk perbaikan.

Itu pun, tak semuanya yang bersifat renovasi total. Mantan Kepala Desa Tambak, Suherman mengatakan untuk perbaikan stimulan anggaran tertingginya sekitar Rp 15 juta dan dibagi ke beberapa wilayah. Ia mengatakan sejak dibangun pada 1991, jembatan desa Sinday tak pernah direnovasi melalui APBD. Sebagian besar melalui swadaya masyarakat.

Perbaikan jembatan itu selalu diajukan pada Pemda namun tak pernah disetujui. Sejak 5 tahun lalu Suherman mengatakan kondisi jembatan kian rapuh dan terancam roboh. Hal itu juga dimasukkan sebagai catatan saat mengajukan perbaikan pada Pemda. Namun, tak juga digubris.

"Jadi ini sudah saya prediksi akan terjadi (roboh) sejak 5 tahun lalu. Sudah kita ajukan juga tapi tidak juga dikabulkan Pemda," ucap Suherman.

Saat dikonfirmasi soal itu, Bupati Lebak mengatakan jembatan itu masih layak dan mengaku jembatan Sinday tak masuk prioritas perbaikan karena ada rencana pembangunan Waduk Karian di desa Tambak dan desa Sinday.

"Jembatan masih layak. Diperbaiki, cuma kan stimulan. Kan ada padat karya dan lain-lain adalah dari masyarakat. Jadi kami serahkan ke masyarakat, mana jembatan yang mau diprioritaskan bagi masyarakat," ucap Iti.

‎"Kita setahun ada 14 unit jembatan gantung kita alokasikan. Kita prioritas yang mana. Ini masuk genangan waduk karian. Kalau nanti ini waduk dibangun maka akan sia-sia kita alokasikan Rp 4 miliar. Lalu cuma dipakai 2 tahun. Kan gitu Sedangkan ada jembatan lain yang lebih parah dari ini," pungkasnya.


  • Warga Sudah Tahu Jembatan Sinday Lebak Akan Ambruk, Pemda Tak Beri Dana
  • Warga Sudah Tahu Jembatan Sinday Lebak Akan Ambruk, Pemda Tak Beri Dana

(bil/fjr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com