detikNews
Senin 09 Maret 2015, 16:43 WIB

Romi Herton Divonis 6 Tahun Penjara, Istrinya 4 Tahun Penjara

- detikNews
Romi Herton Divonis 6 Tahun Penjara, Istrinya 4 Tahun Penjara Sidang putusan Romi dan Masyito (Dhani/detikcom)
Jakarta - Wali Kota Palembang nonaktif Romi Herton divonis hukuman pidana penjara selama 6 tahun, sementara istrinya Masyito divonis hukuman pidana penjara selama 4 tahun. Keduanya tersangkut‎ kasus penyuapan eks Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Mochtar untuk memuluskan gugatan sengketa Pilkada Palembang 2013.

Sidang digelar di Pengadilan Tindak Pidana‎ Korupsi (Tipikor), Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan‎, Senin (9/3/2015). Putusan itu dibacakan oleh majelis hakim yang diketuai oleh Supriyono.

"Menyatakan terdakwa 1 Romi Herton dan terdakwa 2 Masyito telah terbukti bersalah melakukan tindak pidana korupsi secara bersama dan berlanjut sesuai dengan ‎pasal 6 ayat (1) huruf a dan pasal 13 Undang-undang nomor 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-undang nomor 20 tahun 2001, juncto pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP juncto pasal 64 ayat (1) KUHP," ucap hakim Supriyono saat membacakan putusan.

‎"Menjatuhkan hukuman pidana penjara kepada terdakwa Romi Herton selama 6 tahun dan terdakwa Masyito selama 4 tahun dan masing-masing dipidana denda sebesar Rp 200 juta dengan ketentuan apabila denda tidak dibayar maka diganti pidana 2 bulan penjara," imbuh hakim.

Sebelumnya Romi Herton dituntut oleh jaksa dengan hukuman pidana penjara selama 9 tahun dengan denda Rp 400 juta subsider 5 bulan penjara. Sementara, Masyito dituntut dengan hukuman pidana penjara selama 6 tahun dengan denda Rp 300 juta subsider 4 bulan penjara.

Keduanya disangkakan menyuap Akil Mochtar melalui Muhtar Ependy‎. Selain itu, jaksa juga meminta hakim untuk mencabut hak politik Romi selama 11 tahun serta menyita seluruh barang bukti terkait kasus tersebut.

Dalam pertimbangannya, hakim menyebut hal yang meringankan hukuman keduanya karena bertindak sopan dan kooperatif selama persidangan. Namun dalam pertimbangannya hakim tidak sepakat dengan tuntutan jaksa untuk mencabut hak politik Romi.
  • Romi Herton Divonis 6 Tahun Penjara, Istrinya 4 Tahun Penjara
    Sidang putusan Romi dan Masyito (Dhani/detikcom)
  • Romi Herton Divonis 6 Tahun Penjara, Istrinya 4 Tahun Penjara
    Sidang putusan Romi dan Masyito (Dhani/detikcom)

(dha/bar)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com