DetikNews
Jumat 16 Januari 2015, 17:36 WIB

Relawan: Soal Kapolri, Jokowi Harus Pakai Nalar Publik

- detikNews
Relawan: Soal Kapolri, Jokowi Harus Pakai Nalar Publik
Jakarta - Puluhan relawan pada Kamis (15/1) kemarin mendatangi KPK dengan berjalan menutup mata, mereka menolak pelantikan Budi Gunawan sebagai Kapolri. Salah satu yang hadir dan bersuara adalah tokoh agama Antonius Beni Susetyo.

Pastor yang akrab disapa Romo Beni itu kini mengingatkan‎ agar Presiden Jokowi tak melantik Komjen Budi Gunawan sebagai Kapolri. Menurut Beni, Jokowi adalah figur perubahan, maka melantik seorang koruptor menjadi Kapolri bisa menghancurkan kredibilitas Jokowi.

‎‎"(Kalau melantik Budi Gunawan), Jokowi hancur kredibilitasnya. Dia akan kehilangan trust dan memulihkan trsut itu berat karena orang berharap Jokowi adalah figur perubahan," kata Beni di Jakarta, Jumat (16/1/2014).

Beni ‎mengatakan, Jokowi dipilih rakyat sebagai presiden pada pemilu lalu karena figurnya yang bersih dan punya integritas. Namun saat akan mengganti Kapolri, seolah Jokowi dipaksa memilih orang yang dinyatakan bermasalah secara hukum.

"Harus diingat dukungan publik pada pemberantasan korupsi sangat kuat, jadi kalau dia melawan logika publik, habis," ujar Sekretaris Komisi Hubungan Antaragama dan Kepercayaan Konferensi Wali Gereja Indonesia itu.

Karenanya Beni mengingatkan agar Jokowi kembali pada nawa cita yang sudah disuarakan sejak Jokowi akan menjadi presiden, salahsatunya dengan memastikan pimpinan lembaga/institusi negara adalah orang-orang yang bersih.

"Persolan moralitas itu tidak boleh (mengacu) pada kepentingan politik sempit, harus demi politik kepantasan. Dia harus berani memberikan sesutu yang memberi kepentingan yang lebih besar," ucap relawan 'Salam2Jari' itu.

"Jadi common sense saja, gunakan nalar publik," saran Beni yang pernah menulis karya 'Revolusi Mental' dan jadi sorotan publik.

  • Relawan: Soal Kapolri, Jokowi Harus Pakai Nalar Publik
  • Relawan: Soal Kapolri, Jokowi Harus Pakai Nalar Publik

(iqb/mad)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed