DetikNews
Jumat 16 Januari 2015, 17:29 WIB

Dikebut, Komisi II Bawa Perppu Pilkada ke Paripurna DPR 20 Januari

- detikNews
Dikebut, Komisi II Bawa Perppu Pilkada ke Paripurna DPR 20 Januari
Jakarta - Fraksi-fraksi di Komisi II mengakui bahwa Perppu Pilkada masih memiliki kekurangan. Namun, melihat urgensinya, maka Perppu Pilkada akan dibawa ke sidang paripurna pada Selasa (20/1) mendatang untuk diterima atau ditolak.

Pandangan-pandangan fraksi itu disampaikan di raker Komisi II dengan Mendagri di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (16/1/2015). Sebelumnya, seluruh fraksi sudah sepakat agar Perppu Pilkada dibahas di masa persidangan kedua ini.

"Kita mengajak untuk memastikan dulu DPR menolak atau menyetujui. Perbaikan bisa dilaksanakan setelah ini resmi jadi UU," kata anggota Fraksi PDIP Arief Wibowo.

Pendapat yang sama juga disampaikan oleh anggota Fraksi Partai Demokrat. Sebagai partai yang dipimpin oleh penerbit Perppu yaitu SBY, PD juga mendorong agar Perppu Pilkada diterima DPR secepatnya.

"Secepatnya Perppu ini jadi UU dan disahkan di paripurna. Kita punya waktu untuk menyempurnakan," ucap anggota Fraksi PD Saan Mustopa.

Fraksi PKS mengingatkan kepada pemerintah apabila Perppu Pilkada sudah diterima agar ada ketegasan dalam melakukan perbaikan. Fraksi-fraksi lainnya yaitu Golkar, Gerindra, PAN, PKB, PPP, NasDem, dan Hanura serta DPD juga senada. Mereka meminta Perppu disahkan terlebih dahulu baru kemudian direvisi.

Mendagri Tjahjo Kumolo mengungkapkan bahwa pemerintah menampung semua usulan dari semua fraksi. Terkait perbaikan, harus dibahas apakah akan melalui jalur Prolegnas atau ada jalur istimewa lainnya.

"Kalau lewat Prolegnas membutuhkan waktu yang lama, kalau hasilnya terobosan nanti bukan kegentingan yang memaksa," ucap Tjahjo

Rapat kemudian diskors untuk lobi antara pimpinan sidang, perwakilan fraksi, dan perwakilan pemerintah. Hasilnya, pandangan tiap fraksi apakah menerima atau menolak fraksi akan disampaikan pada rapat di hari Senin (19/1). Kemudian, keputusan Komisi II akan dibawa ke paripurna keesokan harinya.

"Senin (19/1) pukul 14.30 WIB pembacaan sikap dari masing-masing fraksi terkait Perppu Pilkada, didengarkan pemerintah. Selasa (20/1) kita jadwalkan pengambilan keputusan di paripurna DPR tentang Perppu," ucap Ketua Komisi II Rambe Kamarul Zaman membacakan hasil lobi.

Sebelumnya Rambe berencana membawa Perppu Pilkada ke paripurna pada 17 Februari 2015.

  • Dikebut, Komisi II Bawa Perppu Pilkada ke Paripurna DPR 20 Januari
  • Dikebut, Komisi II Bawa Perppu Pilkada ke Paripurna DPR 20 Januari

(imk/trq)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed