DetikNews
Rabu 14 Januari 2015, 10:35 WIB

Arief Hidayat Disumpah, Resmi Jadi Ketua MK

- detikNews
Arief Hidayat Disumpah, Resmi Jadi Ketua MK Arief jalani sumpah jabatan (Rina/detikFoto)
Jakarta - Hakim konstitusi Arief Hidayat terpilih sebagai ketua MK pada rapat pleno Senin (12/1) lalu. Hari ini Arief resmi disumpah untuk menggantikan tugas ketua sebelumnya, Hamdan Zoelva.

Pelantikan dilakukan di ruang sidang lantai 2, Gedung MK, Jl Medan Merdeka Barat Jakarta Pusat, Rabu (14/1/2015), mulai pukul 10.15 WIB.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan memenuhi keawjiban sebagai Ketua MK dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya," ujar Arief saat mengucapkan sumpah.

"Memegang teguh UUD tahun 1945 dan menjalankan segala peraturan perundangan dengan selurus lurusnya menurut UUD tahun 1945 serta berbakti pada nusa dan bangsa," lanjut Guru Besar Fakultas Hukum Undip itu.

Acara pengambilan sumpah sosok kelahiran Semarang, 3 Februari 1956 itu dihadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla dan sejumlah menteri Kabinet Kerja. Hadir pula Ketua MA Hatta Ali.
Arief terpilih secara aklamasi menjadi Ketua MK menggantikan Hamdan Zoelva yang habis masa jabatannya. Arief yang akan menjalani tugasnya hingga 2017 itu merupakan pengajar dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.
  • Arief Hidayat Disumpah, Resmi Jadi Ketua MK
    Arief jalani sumpah jabatan (Rina/detikFoto)
  • Arief Hidayat Disumpah, Resmi Jadi Ketua MK
    Arief jalani sumpah jabatan (Rina/detikFoto)

(rna/bar)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed