DetikNews
Rabu 14 Januari 2015, 10:22 WIB

Ini 3 Prajurit Penyelam TNI AL yang Berhasil Evakuasi CVR QZ8501

- detikNews
Jakarta - Jajaran TNI AL berhasil mengangkat satu bagian black box terakhir, yakni cockpit voice recorder (CVR) pesawat AirAsia QZ8501. Ada 3 prajurit TNI AL yang menyelam dan mengevakuasi CVR tersebut. Siapa mereka?

"Tadi pagi yang menemukan CVR adalah Lettu (L) Aang zaenal, Sertu Widodo Hadi, Serda Rajab Suwarno. Pada saat operasi penyelaman tadi pagi dimulai 05.33 WIB 3 orang," ungkap Pangarmabar Laksamana Muda Widodo di posko gabungan di Lanud Iskandar, Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat, Kalteng, Selasa (13/1/2015).

Ketiga prajurit tersebut merupakan penyelam gelombang kedua yang turun ke dasar laut pada pukul 06.59 WIB. Penemuan CVR didapat pada pukul 07.13 WIB di mana bagian black box itu berada di bawah timbunan serpihan pesawat, termasuk engine.

"Dan ini sudah dilihat KNKT bahwa benar adanya (VCR milik QZ8501). Daerah yang ditemukan itu sama sekali tidak ada sayap pesawat, tapi puing-puing. Bahkan ada gundukan yang sudah tertimbun pasir adalah mesin pesawat," kata Widodo.

Ketiga prajurit TNI berhasil menemukan CVR ini pada lokasi dengan koordinat 03 derajat 27' 33" LS dan 109 derajat 42' 71" BT. Posisi CVR dan serpihan yang berserakan berjarak 1,7 mil laut atau sekitar 3,4 km dari penemuan ekor pesawat.

"Square cukup luas, kurang lebih 6x6 mile. Dari lokasi penemuan flight fata recorder hampir 500 meter, kedalamannya 32 meter," jelas Laksamana Bintang 2 itu.

Meski telah berhasil menemukan kedua bagian dari black box, tim SAR dari TNI mengaku masih akan bekerja untuk mencari main body pesawat. Pencarian pun tersebut sangat penting karena diprediksi masih ada banyak jenazah korban yang terperangkap di dalamnya.

"Panglima telah perintahkan untuk mencari dan evakuasi main body yang masih tersisa. Kita akan kerahkan, termasuk penyelam andal. Kita belum tahu apakah masih ada jenazah korban, tapi kita akan tetap cari," tutup Widodo.


(ear/bar)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed