DetikNews
Senin 12 Januari 2015, 11:00 WIB

Soal Budi Gunawan, Gerindra: Jokowi Jangan Dibayangi-bayangi Megawati!

Danu Damarjati - detikNews
Soal Budi Gunawan, Gerindra: Jokowi Jangan Dibayangi-bayangi Megawati!
Jakarta - Fraksi Partai Gerindra di DPR bereaksi atas penunjukan Komjen Pol Budi Gunawan sebagai calon tunggal Kapolri. Gerindra mengkritik sikap Presiden Jokowi yang seakan-akan dipengaruhi oleh Ketua Umum PDIP Megawati Sukarnoputri dalam menunjuk calon tunggal Kapolri tersebut.

"Kita ingin Presiden menggunakan kewenangannya secara penuh sesuai Undang-undang dalam menunjuk Kapolri, agar Presiden tidak dibayang-bayangi oleh Ketum partai," kata Ketua Fraksi Gerindra DPR, Ahmad Muzani, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (12/1/2014).

Muzani melihat, agaknya penunjukan Kapolri memang dipengaruhi oleh Megawati. Prestasi Budi menurut kaca mata Muzani adalah bisa dekat dengan Megawati.

"Barangkali cukup dekat dengan Bu Mega," ucapnya.

Selain itu, proses penunjukan Budi sebagai Kapolri juga berbeda dengan proses seleksi menteri. Sebelumnya, seleksi menteri melibatkan KPK dan PPATK, sementara proses penunjukan Kapolri tidak melibatkan dua lembaga itu.

"‚ÄéKali ini Presiden menggunakan pendekatan berbeda, yakni menggunakan hak prerogatif Presidennya," kata Muzani.

Namun sebelum menentukan sikap final terhadap pencalonan Kapolri, Fraksi Gerindra akan mengumpulkan anggota-anggotanya yang duduk di Komisi III terlebih dahulu. "Kami akan panggil anggota-anggota kami dari Komisi III untuk dapat masukan," jawab Sekjen Gerindra ini.


(dnu/tor)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed