DetikNews
Selasa 30 Desember 2014, 14:55 WIB

AirAsia Ditemukan

Basarnas Pastikan Lokasi Jatuhnya AirAsia QZ 8501

- detikNews
Basarnas Pastikan Lokasi Jatuhnya AirAsia QZ 8501
Jakarta -

Operasi pencarian dan pertolongan terhadap pesawat AirAsia QZ8501 yang hilang makin menunjukkan titik terang. Basarnas menyatakan lokasi jatuhnya pesawat AirAsia sudah dapat dipastikan 95 persen, demikian juga serpihan-serpihan yang ditemukan.

"Dari temuan itu maka saya selaku SAR Coordinator pada saat ini memastikan 95 persen lokasi yang tergambar di sini adalah lokasi serpihan-serpihan maupun benda-benda yang diduga berasal dari pesawat," ujar Kepala Basarnas FHB Soelistyo dalam jumpa pers di Kantor Pusat Basarnas, Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (29/12/2014).

Soeliatyo mengatakan sebelumnya, tim di lapangan yang menggunakan pesawat C295 TNI AU dan Hercules C130 menemukan sejumlah serpihan di Selat Karimata yang dekat dengan Laut Jawa. Serpihan-serpihan itu antara lain ditemukan di titik koordinat 03 46' 50" LS, 110 29' 27' BT dan 08 50' 43" LS, 110 29' 21.8" BT. Salah satu serpihan yang ditemukan adalah lempengan logam dan emegency exit door.

Soelistyo juga mengatakan serpihan itu sudah dievakuasi ke KRI Bung Tomo.

"Yang 5 persen itu belum dinyatakan karena sampai detik ini belum melihat langsug emergency exit door dan lain-lain, tapi secara komunikasi kepada komandan unsur atas penglihatan di lapangan menyatakan bahwa itu adalah emergency exit door. Kegiatan operasi kita membuka peluang keberhasilan kita untuk laksanakan yang lebih baik," ucapnya.




(rmd/nrl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed