DetikNews
Rabu 24 Desember 2014, 14:01 WIB

Kali Sekretaris Riwayatmu Kini, Dulu 'Seksi' Sekarang Bau dan Penuh Sampah

- detikNews
Kali Sekretaris Riwayatmu Kini, Dulu Seksi Sekarang Bau dan Penuh Sampah
Jakarta - Seperti namanya, seharusnya kali atau sungai Sekretaris di Jakarta Barat itu cantik dan bersih. Namun sayang, kali itu kini terlihat penuh sampah dan bau.

detikcom mengunjungi Kali Sekretaris di daerah Jakarta Barat, Rabu (24/12/2014) siang. Tepatnya di samping Jalan Daan Mogot, samping Gedung Stasiun Televisi Indosiar.

Di sisi kiri dan kanan bantaran sungai terlihat asri ditumbuhi beraneka macam pohon. Sebut saja seperti pohon petai cina, mangga, belimbing, dan aneka pohon berdaun rimbun lainnya.

Namun sayangnya, pantauan detikcom, Kali Sekretaris tersebut dipenuhi banyak sampah beraneka rupa. Kebanyakan sampah rumah tangga seperti plastik makanan dan minuman, perabotan plastik yang sudah rusak, dan lain-lain. Padahal di sepanjang kali ada beberapa papan larangan untuk tidak membuang sampah di kali.

Air sungai Kali Sekretaris terlihat berwarna hijau pekat, cenderung kehitaman. Saat angin bertiup, bau menyengat dari kali itu pun langsung terasa menusuk hidung.

Rohmat (54) salah seorang warga di sekitar Kali Sekretaris mengeluhkan soal kondisi itu. Ia berharap Pemprov DKI Jakarta mau bergerak untuk segera membersihkan kali itu dari sampah-sampah tersebut.

"Ini baunya kan mengganggu. Takutnya bisa bikin penyakit. Apalagi musim hujan begini. Kali mampet begitu baunya pasti ke mana-mana," kata Rohmat. "Dulu ini kali kata orangtua mah bersih, banyak bocah yang mandi di sini. Ibarat kalau sekretaris mah bersih, cakep, seksi. Mestinya kan begitu," sambungnya seraya tertawa terkekeh.

Rohmat juga menyindir adanya prilaku masyarakat yang suka membuang sampah di Kali Sekretaris. "Banyak yang suka seenak jidat buang sampah di kali. Saya sering lihat itu ada yang pakai motor terus lempar sampah ke kali. Entar giliran edeh banjir salah-salahin pemerintah," ucapnya kesal.

  • Kali Sekretaris Riwayatmu Kini, Dulu Seksi Sekarang Bau dan Penuh Sampah
  • Kali Sekretaris Riwayatmu Kini, Dulu Seksi Sekarang Bau dan Penuh Sampah

(bar/rmd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed