DetikNews
Selasa 09 Desember 2014, 15:50 WIB

Terkelin Brahmana Dilantik Sebagai Bupati Karo Definitif

- detikNews
Terkelin Brahmana Dilantik Sebagai Bupati Karo Definitif (Foto: Khairul Ikhwan/detikcom)
Medan - Terkelin Brahmana dilantik sebagai Bupati Karo sisa masa jabatan 2011-2016. Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan dilakukan Gubernur Sumatera (Sumut) Gatot Pujo Nugroho, berlangsung Selasa (9/12/2014).
 
Pelantikan itu berlangsung di Kantor Gubernur Sumut, Jalan Diponegoro, Medan. Hadir dalam kegiatan itu unsur pimpinan daerah Provinsi Sumut dan Kabupaten Karo.
 
Dalam kesempatan itu, Gubernur Gatot mengharapkan agar pejabat yang baru dilantik untuk menciptakan suasana kerja yang kondusif bagi para Pegawai Negeri Sipil (PNS), sehingga proses pelayanan pemerintah dan pembangunan serta kemasyarakatan dapat berjalan dengan baik.
 
Gatot juga mengajak para pejabat dan PNS di lingkungan Pemkab Karo agar mendukung sepenuhnya kepemimpinan Bupati Terkelin, dan mengajak segenap stakeholder di Karo bersatu mengurangi dampak erupsi Gunung Sinabung yang sudah berlangsung cukup lama.
 
"Masing-masing pihak harus berperan aktif sesuai kewenangannya, agar saudara kita yang masih berada di pengungsian maupun yang akan direlokasi dapat teratasi guna menata masa depan yang lebih baik. Bersama kita pasti bisa dan lebih kuat untuk melalui masa-masa yang sulit ini," tukas Gatot.
 
Terkelin Brahmana yang sebelumnya Wakil Bupati Karo, ditetapkan sebagai pelaksana tugas bupati definitif sebelum dilantik hari ini sebagai bupati definitif. Dia menggantikan Kena Ukur Karo Jambi Surbakti yang resmi diberhentikan dari jabatannya oleh DPRD Karo melalui voting terbuka Maret lalu.
 
Ada beberapa alasan yang menjadi pertimbangan pemberhentian, antara lain ketidakmampuan dalam menangani bencana letusan Gunung Sinabung, dan beberapa persoalan terkait etika politik, termasuk penempatan dan pemindahan pegawai tanpa sesuai prosedur. Usulan itu ditindaklanjuti hingga kemudian keluar Surat Keputusan Presiden Nomor 57/P Tahun 2014, tertanggal 1 Juli 2014 yang memberhentikan Kena Ukur Karo Jambi.




(rul/try)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed