DetikNews
Minggu 30 November 2014, 20:27 WIB

Munas Golkar

Agung Laksono: Saya Nyatakan Tanpa Malu-malu, Saya Pro Jokowi

- detikNews
Agung Laksono: Saya Nyatakan Tanpa Malu-malu, Saya Pro Jokowi
Nusa Dua, -

Ketua Presidium Penyelamat Partai Golkar Agung Laksono blak-blakan menyatakan dirinya mendukung‎ Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dirinya ingin membawa Partai Golkar sebagai mitra kritis pemerintahan Jokowi.‎

"Saya pribadi pro Jokowi, saya tidak malu-malu (menyatakan pengakuan ini)," kata Agung di Bali, Minggu (30/11/2014).

Alih-alih tetap berada di Koalisi Merah Putih (KMP), Agung memilih ingin membawa Golkar sebagai partai yang konstruktif terhadap kebijakan pemerintahan. Meski menyatakan mendukung Jokowi, namun Agung menyatakan dukungan ini bukan semata 'membebek'‎ menerima kebijakan pemerintah tanpa disikapi secara bijaksana.

"‎Mendukung pemerintahan tapi kritis. Bukan membebek 100 persen. Artinya masih bisa mengatakan 'no' kalau kebijakan pemerintah tidak pro rakyat. Tapi 'yes' kalau kebijakan itu pro rakyat," ujar Agung.

Menurut Agung, keberadaan Golkar di KMP tidak perlu dipermanenkan. Nantinya arah koalisi Golkar bisa ditentukan di ajang Munas versinya, yakni pada Januari 2015. Meski begitu, penentuan kembali arah koalisi sebenarnya tak harus lewat forum Munas.

"Soal koalisi-koalisian sebaiknya jangan dipermanenkan. Pertanyaan saya apa keputusan perubahan koalisi itu harus melalui keputusan Munas. Itu kan soal perkara ad hoc sifatnya. Bukan melembaga. Nanti bisa juga dipertimbangkan di Munas secara demokratis," kata Agung.

Menurutnya, hubungan Golkar dengan pemerintah harus lebih 'soft (lembut)' tanpa landasan dendam pasca-Pilpres 2014. Pemerintah jangan dijadikan‎ musuh.

"Kita semangatnya bermitra kritis, bukan untuk saling menghancurkan‎," tandas Wakil Ketua Umum Golkar ini.


(dnu/mpr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed