DetikNews
Kamis 27 November 2014, 02:06 WIB

Ketua DPRD: DKI Akan Bangun Sirkuit Balap Moto GP dan F1 Seluas 60 Hektar

- detikNews
Ketua DPRD: DKI Akan Bangun Sirkuit Balap Moto GP dan F1 Seluas 60 Hektar Prasetyo Edi Marsudi (Foto: Rivki/detik.com)
Jakarta - Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi mengungkapkan pihaknya sudah berkomunikasi dengan Gubernur Basuki Tjahaja Purnama soal rencana pembangunan sirkuit balap internasional seluas 60 hektar. Menurutnya track itu nantinya akan digunakan untuk kancah level internasional seperti Moto GP hingga F1.

“DKI sedang berkoordinasi untuk buat track internasional. Sudah ada satu titik temu antara pak Gubernur (Ahok) dengan kami (DPRD),” kata Pras saat ditemui usai acara syukuran rumah dinas DPRD di jalan Imam Bonjol nomor 37, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (26/11/2014).

“Secepatnya (realisasinya). (lokasinya) kalau enggak di Cengkareng, di Marunda. Kita perlu 60 hektar. Sayang kalau Cuma buat Moto GP, kalau perlu bisa buat F1,” tuturnya.

Pras optimistis, lewat kerjasama dan komunikasi dengan Ikatan Motor Indonesia, rencana tersebut akan bisa diwujudkan. Mekanisme pembangunanya kelak akan menggunakan mekanisme CSR dengan perusahaan-perusahaan swasta.

“Tinggal dicari tempatnya, kalau ada 65 hektare baru bisa kita garap anggaran Rp 150-200 miliar. Saya sedang berusaha mencari CSR. Kalau bisa tempatnya dicari DKI, tapi yang membangun CSR. Jadi harus ada track internasional di DKI. Dulu kita punya sirkuit di Ancol terus pindah ke Sentul. Sekarang kita harus kembalikan supaya kalau ada track-track (liar) di jalanan bisa dimasukin ke situ,” pungkasnya.


(ros/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed