DetikNews
Sabtu 15 November 2014, 11:50 WIB

Gempa Susulan 5,1 SR Terjadi Halmahera Malut

- detikNews
Gempa Susulan 5,1 SR Terjadi Halmahera Malut
Jakarta - Gempa susulan dengan kekuatan 5,1 skala richter terjadi di Halmahera Barat, Maluku Utara. Gempa ini terjadi setelah gempa kuat 7,3 SR.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melansir informasi gempa terjadi pukul 11.06 WIB, Sabtu (15/11/2014) dengan kedalaman 10 kilometer. Lokasi gempa berada di 127 km barat laut Halmahera Barat.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho sebelumnya menyatakan gempa di Halmahera, dirasakan di Ternate dan Kabupaten Sula.

"Info dari Halmahera Barat, gempa terasa keras dan di sepanjang pantai pesisir belum ada laporan tsunami hingga 10.45 WIB. Belum ada laporan kerusakan," kata Sutopo.

Menurut Sutopo, berdasarkan analisis dari Pacific Disaster Center, tsunami dengan tinggi gelombang 0,3 - 1 meter akan mencapai beberapa wilayah pesisir Indonesia.

"Daerah yang statusnya siaga tsunami dan sudah dikonfirmasi Halmahera, Talaud, Bolaang Mongondow Selatan, daerah tersebut merasakan getaran gempa dengan kuat," sambungnya.


(fdn/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed