detikNews
Kamis 13 November 2014, 12:21 WIB

2 WNI Ikut Wamil, Panglima Militer Singapura Telepon Jenderal Moeldoko

- detikNews
2 WNI Ikut Wamil, Panglima Militer Singapura Telepon Jenderal Moeldoko Latihan bersama TNI-SAF di Magelang/dok Kostrad
Jakarta -

Panglima TNI Jenderal Moeldoko memberi penjelasan soal dua WNI yang ikut wajib militer Singapura. Menurut Moeldoko, kedua WNI itu sempat ditahan karena ketahuan ikut wamil. Tapi kemudian Panglima Singapore Armed Forces (SAF) Letjen Ng Chee Meng menelepon Moeldoko.

"Ada atensi telepon dari Panglima Singapura, teman saya Letjen Meng memohon ke Panglima TNI supaya '2 prajurit saya' dilepaskan, kan bisa nggak enak, begitu kita lepaskan," kata Moeldoko di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Kamis (13/11/2014).

Menurut Moeldoko, sebelumnya dilakukan proses diplomatik. Kedua WNI itu berstatus permanent resident Singapura. Mereka ikut wamil Singapura dan berlatih dalam kegiatan rutin Latma TNI-SAF Safkar Indopura di Magelang.

"Akhirnya kita lakukan langkah-langkah diplomatis. Saya waktu teleponan dengan Pangab Singapura saya bilang 'hati-hati, kamu harus lakukan evaluasi dengan baik karena tidak menutup kemungkinan hal seperti ini bisa terulang lagi tahun depan, kalau itu yang terjadi kita akan lakukan langkah-langkah yang lebih keras'," tegas Moeldoko.

"Kita punya forum Pangab se-ASEAN di situ kita bisa komunikasikan, biasanya langsung kita telepon," tutup dia.


(ear/ndr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com