DetikNews
2014/11/10 12:10:31 WIB

Ini Kiprah 4 Pahlawan Nasional yang Baru Dinobatkan Tahun Ini

- detikNews
2 2. Letjen (Purn) Djamin Ginting
Halaman 3 dari 5
Ini Kiprah 4 Pahlawan Nasional yang Baru Dinobatkan Tahun Ini (Foto: Istimewa)

Purnawirawan bintang tiga ini lahir di Karo, Sumatera Utara, 12 Januari 1921. Dia meninggal di Ottawa, Kanada, 23 Oktober 1974.

Dalam karier militernya, Djamin punya catatan cemerlang untuk memperjuangkan tanah kelahirannya dari upaya penjajahan. Beberapa jabatan mulai dari Kepala Staf Kodam II/Bukit Barisan hingga Komandan Resimen IV pernah dilakoninya. Mengawali karir sebagai tentara, Djamin pertama masuk lebih dulu ke dalam Pembela Tanah Air atau (PETA). Dia juga pernah menjadi salah seorang tokoh militer di zamannya yang ikut mendirikan terbentuknya Tentara Keamanan Rakyat.

Selaku komandan di medan perang, dia memiliki semangat dan pola pikir yang harus ditanamkan kepada pasukannya agar tidak mudah tergeser dari Karo. Baginya, wilayah Sumatera Utara terutama Karo tidak boleh dikuasai Belanda. Tidak mengherankan saat itu pasukan di bawahnya bisa memunculkan sejumlah tentara yang menjadi pelopor pejuang melawan penjajah di Tanah Sumatera. Sebut saja Kapten Mayor Rim Rim Ginting dan Kapten Selamet Ketaren.

Djamin juga punya catatan penjuangan melancarkan operasi bukit barisan untuk menghadapi pergerakan pemberontak Nainggolan di Medan. Begitu pensiun dari militer, dia menjadi Duta Besar Indonesia untuk Kanada.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed