detikNews
Kamis 23 Oktober 2014, 14:45 WIB

Buruh Ngeyel Tuntut UMP, Ahok Gebrak Meja

- detikNews
Buruh Ngeyel Tuntut UMP, Ahok Gebrak Meja Ahok dan perwakilan buruh (Pesta/detikcom)
Jakarta -

Plt Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) geram dengan perwakilan buruh yang tetap tidak terima penjelasannya tentang komponen hidup layak (KHL) di DKI Jakarta. Ahok pun menggebrak meja. Brak!

Ahok menerima perwakilan dari buruh dan elemen buruh yang berdemo di Balaikota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (23/10/2014). Buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) itu menuntut Upah Minimum Provinsi Rp 3.050.000/bulan.

Pertemuan tertutup berlangsung di ruangan Ahok di lantai 2. Sekitar 25 Buruh ikut pertemuan tersebut.

Dalam rapat, suara Ahok terdengar meninggi tanpa emosi. Informasi dari salah satu yang hadir di ruang rapat, Ahok sempat menggebrak meja.

Hal ini karena terkait KHL. Beberapa buruh memperdebatkan perhitungan KHL di Jakarta lebih rendah dari Tangerang.

"Saya mau tanya lagi kenapa Anda mengatakan tool yang dipakai berbeda? Apakah orang saya disogok pengusaha sampai data BPS (Badan Pusat Statistik) berbeda? Saya ingin tahu secara ilmiah kenapa di Tangerang lebih mahal? Kalau tool beda, seperti tuduhan saudara-saudara, tool yang mana?" kata Ahok yang suaranya terdengar sampai ke luar ruang rapat.

Demo buruh menuntut kenaikan UMP selalu berulang setiap bulan September-Oktober-November. UMP DKI Jakarta saat ini sekitar Rp 2,4 juta.


(nik/nrl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com