DetikNews
Rabu 22 Oktober 2014, 20:36 WIB

Kronologi Kehebohan di Pelabuhan Priok

- detikNews
Kronologi Kehebohan di Pelabuhan Priok
Jakarta - Sejak pagi hari tadi muncul dugaan Presiden Jokowi akan mengumumkan kabinetnya hari ini. Seiring dugaan itu, Pelabuhan Tanjung Priok menjadi ramai, karena diduga menjadi tempat pengumuman.

Dugaan ini muncul karena pernyataan Jokowi di pagi hari. Ayah tiga anak itu membuka kemungkinan akan mengumumkan kabinetnya hari ini.

"Secepatnya. Mungkin hari ini," ujar Jokowi kepada wartawan di Taman Suropati, Jakarta Pusat, Rabu (22/10/2014). "Mungkin kalau tidak di Pluit, Tanah Abang atau mungkin juga di Tanjung Priok," imbuh pria 53 tahun ini.

Dugaan itu juga diikuti SMS kegiatan Jokowi di Tanjung Priok yang beredar di masyarakat, entah dari mana sumbernya. SMS ini memicu dugaan makin menguat dan meluas. Wartawan pun mencari-cari petunjuk. Namun, seperti yang dikatakan JK, pengumuman belum akan terjadi hari ini, masih 1 sampai 2 hari lagi di Istana Negara.

Berikut kronologi keramaian di Tanjung Priok:

08.00 WIB

Presiden Jokowi mengawali pagi dengan berkunjung ke Taman Suropati untuk seremonial pindahan dari rumah dinas Gubernur DKI ke Istana Kepresidenan. Di sela-sela acara ini, Jokowi mengatakan kemungkinan akan mengumumkan kabinet hari ini. Pria 53 tahun ini tak menyebut secara pasti waktunya, juga lokasinya. Jokowi mengatakan ada tiga lokasi yang bisa jadi tempat pengumuman, yaitu Tanah Abang, Pluit, dan Tanjung Priok. Mendengar pernyataan Jokowi, wartawan mengecek ke tiga lokasi tersebut.

12.00 WIB

Paspampres muncul di kantor Pelindo II, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Pantauan di lokasi, Rabu (22/10/2014) sekitar pukul 10.00 WIB, terlihat Paspampres dan Polisi Militer keluar dari dalam Gedung ITC kantor Pelindo II.

Di sekitar dermaga, sudah terlihat tenda berdiri. Sebuah mobil berpelat militer bernopol 5861 V juga terparkir di lokasi. 4 Orang keluar dari mobil itu, dengan memakai batik.

Mereka terlihat bergegas menuju kantor Pelindo. Para petugas berbatik ini terlihat juga mengecek sekeliling. Sejumlah petugas juga melakukan patroli di sekeliling dermaga.

14.00 WIB

Presiden Jokowi menggelar jumpa pers di bawah naungan pohon Ki Hujan di halaman belakang Istana Merdeka. Jokowi ditemani oleh Panglima TNI, KSAL, KSAD, KSAU, Kapolri, dan KaBIN. Muncul dugaan Jokowi akan mengumumkan kabinetnya, namun ternyata tidak. Ayah 3 anak itu memberi keterangan soal isi pertemuannya dengan para petinggi alat pertahanan Negara. Ada soal menteri dalam tanya jawab dengan wartawan, tapi tak ada pengumuman.

14.15 WIB

Wapres Jusuf Kalla menjawab spekulasi soal kabar akan diumumkannya kabinet. "1-2 hari ini," ujar JK di Istana Wakil Presiden, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (22/10/2014).

Namun pernyataan JK ternyata tak menyurutkan dugaan terhadap pengumuman kabinet. Wartawan pun masih sibuk kasak kusuk mencari konfirmasi.

15.00 WIB

Beredar SMS skenario pengumuman kabinet oleh Jokowi. SMS inilah yang memperkuat spekulasi Jokowi benar-benar akan mengumumkan kabinetnya hari ini. Berikut isi SMS tersebut:

Rengiat R1 pada hari Rabu 22 okt 2014 Kunjungan RI 1 di pelabuhan tanjung priok dengan Rute Kunjungan Presiden RI Bpk Jokowi ke Kantor Pusat IPC pada pada pukul 17.30 WIB masuk melalui Pos 9 menuju kantor Pusat IPC diterima langsung oleh Dirut IPC dan merapat kelantai 7 ruang kerja Dirut IPC, Selesai> Presiden RI menuju Terminal Penumpang Nusantara- II menuju Ruang VVIP dan mengadakan Persentase Selesai> Rombongan Presiden RI bersama Mentri Terpilih Naik KM. Mabohai dari Dermaga 106 berlayar menuju Terminal operasi (TO-III) dan merapat di dermaga 303 Pos Bitung selanjutnya Presiden RI menuju mimbar utk melaksanakan pembentukan Kabinet Indonesia Hebat, selesai melaksanakan pembentukan Kabinet, RI-1 kembali ke Istana Merdeka melalui Gate-Out Pos bitung dan keluar menuju Pos 9 (Pamturlalin sesuai Renpam dan paspampres Sudah melaksanakan Survei selanjutnya Ton Jajar Penghormatan dipersiapkan) demikian sbg info t'kasih. umps. (Buat info aja)

16.30 WIB

Wartawan Istana diberangkatkan ke Tanjung Priok. Biro Pers Media Istana Kepresidenan tiba-tiba menyiapkan tiga bus commuter untuk wartawan yang biasa meliput kegiatan presiden. Kedatangan bus commuter ini memang sangat mendadak. Karena tidak ada informasi sebelumnya terkait kegiatan presiden di luar Istana. Rencananya wartawan akan diajak ke Dermaga 3 pintu 9 Pelindo Tanjung Priok.

17.00 WIB

Berdasarkan informasi yang dikumpulkan, tiga pimpinan KPK yang datang ke Istana Kepresidenan adalah Ketua KPK Abraham Samad, Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto dan Zulkarnain. Namun tak dirinci jelas di mana lokasi pertemuannya.

Pertemuan itu terkait erat dengan adanya nama-nama calon menteri yang diberi tanda merah dan kuning oleh KPK. Presiden Jokowi seperti diketahui, melakukan perombakan susunan karena adanya masukan itu.

17.30 WIB

Wartawan yang sudah tiba di Tanjung Priok melihat sebuah panggung raksasa berdiri kokoh menghadap laut. Belasan personel Paspampres juga telah berada di lokasi tersebut. Pantauan detikcom di Terminal 3 Dermaga 300, Rabu (22/10/2014) pukul 17.50 WIB, sejumlah persiapan hampir rampung. Panggung raksasa berukuran sekitar 65x15 meter itu menghadap ke laut. Panggung terbuka tersebut dilapisi karpet berwarna hitam dan bertingkat dua.

Sistem pencahayaan a la konser juga sudah dipasang di sisi kanan dan kiri panggung. Sementara itu, sebuah mik juga sudah terpasang di depan panggung berjarak sekitar 20 meter. Sejumlah lampu panggung juga diarahkan ke mik tersebut.

Kamera CCTV juga sudah dipasang di setiap sudut panggung. Pemandangan di sekitar panggung adalah aktivitas kapal-kapal angkut kontainer. Di belakang panggung yang dibatasi dengan kontainer, terdapat sebuah tenda raksasa yang tertutup dan dilengkap dengan AC. Tenda tersebut diperkirakan bisa menampung sekitar 1.000 orang.

Untuk memasuki kawasan ini terdapat pemeriksaan oleh personel Paspampres dan sebuah pintu x-Ray. Belum tampak ada kegiatan persiapan lain di sekitar panggung. Belum diketahui untuk keperluan apa panggung dan tenda raksasa ini dibangun.

18.15 WIB

Andi Widjajanto kembali menyambangi kediaman Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Mantan Deputi Kepala Staf Kantor Transisi itu datang diiringi Paspampres, termasuk sang komandan Mayjen Andika Perkasa.

Menggunakan kemeja putih lengan pendek, Andi tiba di rumah Megawati di Jalan Teuku Umar, Menteng, pada pukul 18.15 WIB, Rabu (22/10/2014). Dia diiringi mobil jip protokoler hitam bernomor B 1896 RFY.

Danpaspampres Mayjen Andika Perkasa meninggalkan kediaman Mega sekitar pukul 19.00 WIB. Sedangkan Andi Widjajanto tetap tinggal. Muncul dugaan Jokowi ikut ke kediaman Megawati.

19.00 WIB

Ada 33 jaket dan helm yang disiapkan di sebuah meja panjang sejak siang. Namun pukul 19.00 WIB ini, 33 jaket dan helm ini dibereskan oleh panitia. Entah dibawa ke mana barang-barang tersebut.

19.30 WIB

Presiden Jokowi batal berkunjung ke terminal dermaga 3 Tanjung Priok, Jakarta Utara. Lampu ala konser yang sudah disiapkan sebelumnya kini sudah dimatikan.

Lampu dimatikan sejak pukul 19.30 WIB, Rabu (22/10/2014). Di sekitaran lokasi, lampu tidak lagi menyala. Tidak lagi kemegahan yang terasa di lokasi ini

Metal detector di beberapa titik yang sebelumnya disiapkan Paspampres sudah tidak tampak lagi. Beberapa anggota Paspampres yang menjaga di sejumlah titik terminal ini juga sudah tidak tampak.

Rombongan wartawan dari Istana Kepresidnen juga sudah dianjurkan kembali naik mobil, untuk membawa kembali rombongan pulang. Belum diketahui penyebab batalnya Jokowi ke Priok.


(trq/nrl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed