DetikNews
Selasa 21 Oktober 2014, 03:27 WIB

Pelantikan Jokowi-JK 'Mencuri' Perhatian Media Malaysia

- detikNews
Pelantikan Jokowi-JK Mencuri Perhatian Media Malaysia Wakil Dubes RI untuk Malaysia saat diwawancara media Malaysia soal pelantikan Jokowi (KBRI Kuala Lumpur)
Jakarta - Pelantikan Joko Widodo (Jokowi) sebagai presiden RI dan Jusuf Kalla (JK) sebagai wakil presiden RI menarik banyak perhatian masyarakat. Bahkan pelantikan presiden ke-7 RI itu juga 'mencuri' perhatian media Malaysia.

"Kehadiran Perdana Menteri Malaysia Dato Seri Najib Tun Abdul Razak dalam acara pelantikan presiden RI ke-7 di Jakarta mengisyaratkan sinyal positif bagi penguatan hubungan bilateral RI dan Malaysia ke depan," kata Wakil Dubes RI untuk Malaysia, Hermono melalui siaran pers, Senin (20/10/2014) malam.

Hermono sempat didatangi sejumlah pekerja media Malaysia di kantor KBRI Kuala Lumpur. Menurutnya, PM Malaysia mendapatkan prioritas untuk dapat melakukan kunjungan kehormatan dengan Presiden Jokowi.

Ia juga meyakini, Malaysia dengan Indonesia akan semakin memperkuat komitmen untuk bersama membangun hubungan persahabatan dalam membangun ASEAN. Hal ini merupakan, bagi Hermono, pilar utama kebijakan luar negeri Indonesia.

"Untuk itulah hubungan Indonesia dan Malaysia sebagai sesama negara anggota ASEAN sangat penting, terlebih lagi tahun depan Malaysia akan menjadi ketua ASEAN," ujar Hermono.

3 Tantangan utama yang selama ini menjadi pemicu pasang-surut hubungan Malaysia-Indonesia, menurut Hermono, adalah perbatasan, TKI ilegal dan penguatan people-to-people links. Ia menyatakan, Presiden Jokowi dan PM Malaysia berkomitmen menyelesaikan masalah tersebut dengan memperkuat hubungan kedua negara, khususnya di bidang ekonomi dan perdagangan untuk kesejahteraan rakyat kedua bangsa.

Tak hanya PM Malaysia, Presiden Jokowi juga sempat menerima sejumlah perdana menteri, termasuk Menlu AS John Kerry di Istana Negara.


(vid/aws)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed