DetikNews
Minggu 12 Oktober 2014, 19:47 WIB

Mabes TNI Gelar Acara Panglima TNI Award untuk Inovasi Teknologi

- detikNews
Jakarta - Mabes TNI menggelar acara Panglima Award untuk mendapatkan 'bibit unggul' dalam inovasi teknologi. Para peserta tak hanya dari prajurit melainkan masyarakat sipil umum di seluruh Indonesia.

"Untuk pertama kalinya kami menggelar acara Panglima TNI Inovasi Award, seperti apa yang saya sampaikan ketika fit and proper test di DPR terkait gagasan dan inovasi," ujar Panglima TNI Jenderal Moeldoko dalam konfrensi pers penghargaan Panglima TNI Award, di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Minggu (12/10/2014).

Kegiatan ini bertujuan untuk mencari inovasi sumber daya manusia dari prajurit TNI dan masyrakat sipil. Pada akhirnya untuk mengembangkan teknologi di bidang militer.

"Kegiatan yang kita lakukan adalah bagaimana kita mencari sumber-sumber di TNI dan Non TNI atau masyarakat umum yang memiliki kepedulian tinggi atas inovasi khususnya di bidang militer alat utama, non alat utama dan kebijakan," tutur Moeldoko.

Moeldoko menyampaikan, acara ini membawa impian besar dirinya terhadap kemajuan inovasi dalam teknologi ini. "Yang kedua ada potret besar yang ingin saya sampaikan yaitu, saya ingin membangun tradisi baru di Mabes TNI yang nantinya akan berkumpul 3 marwah yakni marwah displin, marwah teknologi dan marwah seni," tuturnya.

Menurutnya jika berbicara daya tempur militer, TNI harus memiliki perpaduan fisik dan non fisik. "Dimana displin merupakan sumber kekuatan kami, teknologi kita bangun ke depan sebagai hard power kita dan seni adalah pendekatan soft power," imbuhnya.

Setidaknya ada 120 perserta yang berasal dari masing-masing kesatuan prajurit dan masyarakat sipil. Seleksi tahap I berlangsung 18 Agustus sampai 20 September 2014, seleksi tahap II pada 1 Oktober sampai dengan 3 Oktober 2014 di Pusdiklat PNS Mabes TNI Jati Makmur.

Saat ini sudah diseleksi 38 karya, dengan rincian 13 karya dari TNI AD, 7 karya dari TNI AL, dan 18 karya dari TNI AU. Dilanjutkan seleksi oleh dewan juri pada tanggal 6 dan 7 Oktober 2014.


(edo/vid)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed