DetikNews
Selasa 30 September 2014, 20:53 WIB

Demokrat Pastikan Jero Tak Akan Dilantik Jadi Anggota DPR

- detikNews
Demokrat Pastikan Jero Tak Akan Dilantik Jadi Anggota DPR
Jakarta -

KPU telah mengirimkan surat permohonan penangguhan pelantikan calon anggota DPR yang berstatus tersangka kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Menurut Ketua Fraksi Partai Demokrat, Nurhayati Ali Assegaf, surat penangguhan pelantikan tersebut telah diterima oleh Jero.

"Surat penangguhan sudah diterima. Beliau mengerti dan sudah menerima penangguhan itu," kata Nurhayati di Hotel Sultan, Jl Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Selasa (30/9/2014).

Jero Wacik merupakan tersangka kasus korupsi dan pemerasan di lingkungan Kementerian ESDM. KPK menetapkannya sebagai tersangka pada tanggal 2 September 2014 lalu.

Pada periode 2009-2014, Jero juga terpilih sebagai anggota DPR RI dari dapil Bali. Namun Jero kemudian mengundurkan diri karena Presiden SBY menariknya sebagai Menteri ESDM.

Selain Jero, ada dua lagi caleg terpilih yang juga menjadi tersangka kasus dugaan korupsi. Mereka adalah Bupati Bantul Idham Samawi dan Herdian Koosnadi. Keduanya berasal dari PDIP.

Idham menjadi tersangka dalam kasus dugaan korupsi hibah dana untuk klub sepak bola Persiba Bantul. Herdian menjadi tersangka kasus dugaan mark-up nilai proyek pembangunan Puskesmas di Kota Tangerang Selatan 2011 dan 2012.


(kff/rmd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed