DetikNews
Jumat 26 September 2014, 13:07 WIB

Sidang Korupsi Perpustakaan UI

Bendera PT Netsindo Biasa Dipinjam Makara Mas untuk Kerjakan Proyek

- detikNews
Bendera PT Netsindo Biasa Dipinjam Makara Mas untuk Kerjakan Proyek
Jakarta - PT Makara Mas, perusahaan milik UI, menggunakan bendera PT Netsindo Inter Buana, untuk mendapatkan proyek pengadaan instalasi infrastruktur IT Perpustakaan UI. Ternyata PT Netsindo memang beberapa kali dipakai Makara Mas untuk mendapatkan tender.

Hal itu terungkap saat Dirut PT Netsindo Fisy Amalia Solihati bersaksi untuk terdakwa mantan Wakil Rektor UI Tafsir Nuchamid di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jumat (26/9/2014).

Dalam keterangannya, PT Netsindo ternyata pernah mengadakan kesepakatan dengan Makara Mas di tahun 2009. Isinya PT Netsindo bersedia digunakan Makara Mas untuk mendapatkan proyek-proyek.

"Kesepakatannya untuk lima tahun," kata Fisy.

Fisy mengakui perusahaannya tergolong dalam skala kecil. Dia beralasan bersedia bendera perusahaannya digunakan agar menambah pengalaman.

"Pengalaman penting untuk jangka panjang. Untuk dapatkan pengalaman kerja, CV, memang niatnya untuk itu,," sambung Fisy.

Namun dalam perjalanannya, niat itu tidak sejalan dengan kenyataan. Contohnya setelah berhasil mendapatkan tender pengerjaan IT perpustakaan UI.

Fisy tidak sekalipun pernah terlibat dalam pengurusan proyek. Dia juga tidak memiliki surat dukungan dari beberapa supplier item untuk pengerjaan proyek tersebut.

Tak hanya itu, Fisy sendiri tidak tahu apakah Makara Mas punya kapasitas untuk mengerjakan proyek IT tersebut atau tidak.

"Ternyata saya baru tahu, itu bisa disalahgunakan," tandasnya.

Dalam kasus ini, jaksa mendakwa terjadi kerugian negara hingga Rp 13 miliar.


(mok/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed