DetikNews
Kamis 25 September 2014, 23:16 WIB

Paripurna Kembali Dimulai, F-PD Ngotot 10 Syarat Pilkada Langsung Masuk Opsi

- detikNews
Jakarta - Anggota Fraksi Demokrat Benny K Harman menegaskan sikap fraksinya menginginkan 10 syarat pelaksanaan Pilkada langsung diakomodir. Sepuluh syarat ini penting agar pelaksanaan Pilkada langsung dipilih masyarakat berjalan baik.

"Proses dan kemajuan demokrasi melalui Pilkada langsung selama 10 tahun selama pemerintahan SBY telah berhasil kita jalankan, Pilkada langsung dipertahankan dan menjadi opsi pertama Partai Demorkat sebegai bentuk penghargaan paling tinggi atas kedaulatan rakyat," kata Benny berbicara di ruang paripurna DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (25/9/2014) malam.

Namun dia mengingatkan adanya ekses negatif dari pelaksanaan Pilkada langsung. Untuk mencegah hal negatif, Demokrat menawarkan 10 syarat untuk perbaikan pelaksanaan Pilkada.

"Partai Demokrat usulkan pilkada langsung dengan 10 syarat yang sifatya kumulatif. 10 syarat itu harus dilaksanakan apabila pilkada langsung menjadi pilihan untuk menanungi dan melindungi rakyat. 10 syarat yang akan melindungi rakyat yang menjamin demokrasi mencegah ekses negatif yang terjadi," ujar Benny.


Berikut 10 syarat yang diajukan Demokrat:

1. Uji publik atas integeritas dan kompetensi cagub, cabup, cawalikota.
2. Efisiensi biaya pilkada harus dan mutlak.
3. Pengaturan kampanye dan pembatasan dana.
4. Akuntabilitas penggunaan dana kampanye.
5. Larangan politik uang dan sewa kendaraan partai. Maksudnya adalah, kalau seseorang ingin maju melalui partai A, maka umumnya dikenal ada mahar dan sebagainya, bagi PD harus dilarang.
6. Larangan untuk melakukan fitnah dan kampanye hitam.
7. Larangan pelibatan aparat birokrasi.
8. Larangan pencopotan aparat birokrasi pasca pilkada.
9. Penyelesaian sengketa pasca pilkada.
10. Pencegahan kekerasan dari calon atas keputusan pendukung.





(dnu/fdn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed