detikNews
Jumat 19 September 2014, 16:14 WIB

Lebih Seksama Melihat Perbandingan Koin Misterius Gunung Padang dan Koin Era Belanda

- detikNews
Lebih Seksama Melihat Perbandingan Koin Misterius Gunung Padang dan Koin Era Belanda Arie Saksono
Jakarta - Arie Saksono, seorang pecinta koin kuno memberi pendapat soal koin misterius Gunung Padang. Lewat surat elektronik Arie membandingkan koin Gunung Padang dan koin sen zaman penjajahan Belanda.

"Mencermati koin temuan di situs Gunung Padang, menurut saya koin tersebut identik dengan Koin Hindis Belanda 1/2 sen periode 1855-1909," tulis Arie dalam surat elektronik ke redaksi@detik.com, Jumat (19/9/2014).

Gambar koin Gunung Padang yang berwarna hijau dinilainya koin itu sudah aus karena korosi. Arie kemudian memadukan gambar koin sen zaman Belanda dan koin Gunung Padang.

Spesifikasi koin itu terbuat dari tembaga, dengan berat 2.300 gram dan diameter 17 mm. Arie memberikan link ke situs yang merujuk ke situs soal koin http://www.ngccoin.com/price-guide/world/netherlands-east-indies-1-2-cent-km-306-1855-1909-cuid-57203-duid-154871.

"Warna koin temuan di situs Gunung Padang, kehijauan merupakan ciri patina lapisan verdigris (tembaga karbonat) yang biasa ditemui pada proses korosi koin ataupun logam tembaga tua," tambah dia.

Arie kemudian mengurai persamaan koin sen era Belanda dan koin Gung Padang

-Koin Netherlands East Indies 1/2 Cent 1855-1909 (katalog code KM#306) sebagaimana bisa dilihat pada gambar B. tampak ada sedikit perbedaan dengan koin 1/2 sen yang dikeluarkan pada periode berikutnya 1914-1945 (lihat gambar C).
-Pada koin periode pertama (1855-1909) -koin B- tulisan aksara Jawa terdapat jarak antara - dengan lingkaran titik-titik, sementara pada koin periode berikutnya (periode 1914-1945 > koin C) tulisan aksara Jawa lebih dekat pada pinggir lingkaran titik, dan aksara Arab lebih memenuhi bidang lingkaran

"Sayang sekali saya tidak memiliki Koin B di atas, koin Netherlands East Indies 1/2 Cent periode 1855-1909, jadi saya ambil-pinjam gambar dari web tersebut di atas. Berdasarkan hal tersebut, koin tersebut dapat menjadi petunjuk bahwa kemungkinan koin tersebut terjatuh dari orang Belanda yang pada masa tersebut sudah pernah berada (meneliti) situs Gunung Padang tersebut. Sekian dari saya semoga dapat membantu memecahkan misteri koin situs Gunung Padang," tutup dia.

Bagaimana menurut Anda, apa sudah menjawab soal koin misterius Gunung Padang?

  • Lebih Seksama Melihat Perbandingan Koin Misterius Gunung Padang dan Koin Era Belanda
    Arie Saksono
  • Lebih Seksama Melihat Perbandingan Koin Misterius Gunung Padang dan Koin Era Belanda
    gambar c

(ndr/mad)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com