DetikNews
Jumat 12 September 2014, 14:23 WIB

Komodo Tangguh Ini Solusi Petugas Pemadam di Pemukiman Padat Penduduk

- detikNews
Komodo Tangguh Ini Solusi Petugas Pemadam di Pemukiman Padat Penduduk
Jakarta - PT FIN Komodo Teknologi membuat terobosan dalam mengatasi kebakaran di pemukiman padat penduduk. Mereka menciptakan mobil pemadam kebakaran mini dan tangguh. Seperti apa?

Mobil FIN Komodo Damkar dipamerkan di Pameran Transportasi Indonesia 2014 di Gedung Smesco Convention Center, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Jumat (12/9/2014).

Mobil buatan Tanah Air itu berwarna merah menyala. Marketing PT FIN Komodo Teknologi Dewa mengatakan, mobil itu memang diciptakan untuk mengatasi kebakaran, khususnya di pemukiman padat penduduk. Mobil damkar yang berukuran besar seringkali terhambat karena tidak adanya akses masuk.

"Ini kami ciptakan khusus untuk di daerah pedalaman atau pemukiman padat penduduk. Mobil ini kecil, tapi tangguh. Jalan kecil pun bisa diterobos," kata Dewa saat diwawancarai detikcom di lokasi.

Dijelaskan Dewa, mobil ini bisa diletakkan di titik-titik pemukiman padat penduduk yang rawan kebakaran. Sehingga jika ada kejadian, bisa langsung diatasi sebelum api makin membesar dan mengakibatkan kebakaran meluas.

Mobil FIN ini memakai mesin 4 stroke 250 CC dan berkapasitas 2 penumpang. Transmisinya CVT otomatis (maju dan mundur). Panjang 2.650 mm, lebar 1.750 mm, dan tingginya 1.460 mm.

Khusus untuk tipe Damkar dilengkapi dengan alat pemadam kebakaran. Selain itu juga dilengkapi berbagai pelindung diri seperti baju, sepatu, sarung tangan, dan helm tahan panas.

"Mobil FIN Komodo Damkar ini juga mendapat piagam penghargaan Presiden RI SBY bidang Rintisan Teknologi," sebut Dewa.

Kata Dewa, mobil FIN Komodo Damkar itu sudah dipesan 4 unit oleh Dinas Penanggulangan Bencana Daerah Jambi. Ia berharap pihaknya bisa bekerjasama dengan pemerintah, khususnya Dinas Pemadam Kebakaran dalam mengatasi kebakaran di pemukiman padat penduduk dan tempat-tempat lainnya.

"Kerjasama belum, nanti kami baru mau memperkenalkan. Kami berharap bisa bekerjasama dengan dinas-dinas pemadam kebakaran, terutama untuk menanggulangi kebakaran di daerah padat penduduk dan kebakaran hutan yang sulit dijangkau," imbuh Dewa.

Dewa menambahkan, mobil FIN Komodo biasa dibanderol mulai Rp 88 juta, sementara tipe damkar sekitar Rp 300 juta.

"Mobil ini buatan dalam negeri. Mulai perancangan sampai ke komponennya kami semua yang merancang," ucap Dewa.

  • Komodo Tangguh Ini Solusi Petugas Pemadam di Pemukiman Padat Penduduk
  • Komodo Tangguh Ini Solusi Petugas Pemadam di Pemukiman Padat Penduduk
  • Komodo Tangguh Ini Solusi Petugas Pemadam di Pemukiman Padat Penduduk

(bar/nik)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed