detikNews
Rabu 10 September 2014, 08:09 WIB

Ngotot di RUU Pilkada, Koalisi Merah Putih Ingin Dominasi Kekuasaan Daerah

- detikNews
Ngotot di RUU Pilkada, Koalisi Merah Putih Ingin Dominasi Kekuasaan Daerah
Jakarta -

Peneliti senior Riset Lingkaran Strategis, Arman Salam menilai kekompakan parpol Koalisi Merah Putih mendukung pelaksanaan Pilkada lewat DPRD bertujuan untuk mendominasi kekuasaan daerah. Manuver politik ini dilakukan untuk menekan koalisi parpol pendukung Joko Widodo-Jusuf Kalla.

"Ini merupakan manuver politik Koalisi Merah Putih supaya paling tidak di tingkatan lokal di daerah mereka bisa dominan dibanding koalisi pendukung Jokowi," ujar Arman Salam saat dihubungi, Selasa (9/9/2014) malam

Arman menyebut pembahasan RUU Pilkada merupakan balasan lanjutan terhadap kubu Jokowi JK. Kekalahan pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa di Pilpres dan tidak adanya titik temu antara parpol Koalisi Merah Putih dengan kubu Jokowi-JK menjadikan koalisi pemegang kursi terbanyak di DPR makin solid.

"Pertarungan politik akan terus berlanjut. Koalisi Merah Putih diuntungkan dengan jumlah kursi termasuk di tingkat lokal untuk memenangkan calon yang akan mereka usung," sambungnya.

Bagi Arman Pilkada melalui DPRD merupakan kemunduran dalam demokrasi yang menghendaki partisipasi penuh masyarakat. "Artinya one man one vote, satu nilai yang harus dipenuhi dalam demokrasi, bila sistemnya kembali ke DPRD itu menjadi gugur," ujarnya.


(fdn/tfn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com