detikNews
Minggu 07 September 2014, 06:30 WIB

Bawa 19 Ular Viper di Bandara Cengkareng, Man Bok Mengaku Kolektor Ular

- detikNews
Bawa 19 Ular Viper di Bandara Cengkareng, Man Bok Mengaku Kolektor Ular Ilustrasi ular viper
Jakarta - Seorang warga negara Tiongkok kepergok membawa 19 ekor ular viper di dalam kopernya saat berada di Bandara Soekarno-Hatta kemarin, Sabtu (6/9). Pria bernama Man Bok Samuel Junior ini mengaku nekat akan membawa ular tersebut ke Hongkong untuk koleksi pribadi.

"Katanya ingin dikoleksi pribadi saja. Dicoba-coba sama dia," ujar Manager Humas dan Protokol Angkasa Pura II Bandara Soekarno-Hatta Yudis Tiawan saat dikonfirmasi detikcom, Minggu (7/9/2014).

Awalnya petugas keamanan penerbangan checkpoints 1 melalui alat X-ray melihat ada benda bergerak di dalam milik Man Bok kemarin, Sabtu (6/9) pukul 14.00 WIB. Ular-ular berbisa itu ditempatkan pada sebuah koper berukuran sedang tanpa lapisan.

"Kami harus mengawasi hal-hal yang berpotensi mengganggu penerbangan. Bisa dibayangkan kalau penerbangan bergoncang-goncang dan koper terbuka. Ini sangat bahaya sekali," imbuhnya.

Man Bok juga mengaku ular-ular itu didapat dari seorang kolektor ular di Indonesia. Namun belum diketahui nilai dari 19 ular viper tersebut. Setelah diinterogasi, Man Bok langsung diserahkan kepada petugas karantina dan bea cukai Bandara Soekarno-Hatta.

Rencananya Man Bok akan terbang menggunakan pesawat Chatay Pasific nomor penerbangan CX 779 Jakarta-Hongkong. Dia masuk melalui terminal 2 D pintu 1 keberangkatan internasional.


(sip/rmd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed