DetikNews
Senin 01 September 2014, 04:48 WIB

Penyerahan Surat Kepercayaan

Dubes AM Fachir Sampaikan Salam SBY untuk Raja Saudi

- detikNews
Dubes AM Fachir Sampaikan Salam SBY untuk Raja Saudi Dubes AM Fachir saat bertemu Raja Arab Saudi
Jakarta - Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Kerajaan Arab Saudi, Abdurrahman Mohammad Fachir telah menyerahkan surat-surat kepercayaan kepada Raja Arab Saudi, Abdullah bin Abdulaziz Al Saud. Penyerahan itu dilakukan di Istana Kerajaan di kota Jeddah, pada Jumat 29 Agustus 2014.

"Pada kesempatan tersebut Dubes RI menyampaikan salam dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan harapan kiranya Raja atau Putra Mahkota atau Wakil Putra Mahkota berkenan berkunjung ke Indonesia yang dijawab “In shaa Allah” oleh Raja Abdullah," ujar Pelaksana Fungsi Pensosbud KBRI Riyadh, Ahrul Tsani Fathurrahman dalam rilis yang diterima detikcom, Minggu (31/8/2014).

Dalam upacara ini, Raja antara lain didampingi oleh menteri Luar Negeri Kerajaan Arab Saudi, Saud Al-Faisal dan beberapa pejabat tinggi kerajaan lainnya dalam prosesi yang berlangsung singkat. Dalam pidatonya setelah selesai seluruh rangkaian prosesei penyerahan surat-surat kepercayaan, Raja Abdullah secara khusus meminta agar para duta besar menyampaikan pesan beliau kepada para pemimpin negara masing-masing terkait semakin gentingnya bahaya terorisme dan harapan agar lebih meningkatkan kerjasama sehingga benar-benar efektif dalam memeranginya.

"Dikatakan, Saudi merupakan negara pendukung utama Pusat PBB untuk memerangi terorisme dan memberikan kontribusi yang besar. Masyarakat internasional diminta ikut memberikan dukungan pada Pusat PBB ini," jelasnya.

Bersama Dubes RI, terdapat 35 Duta Besar lain yang ikut menyerahkan surat-surat kepercayaan kepada Raja Arab Saudi. Para duta besar tersebut diterbangkan dari Riyadh ke Jeddah dengan pesawat khusus kerajaan yang selanjutnya menuju Guest and Conference Palace Jeddah untuk memperoleh briefing mengenai prosesi upacara.

Selanjutnya, para duta besar diantar satu per satu dengan mobil khusus dari guest and conference palace ke istana Raja dan diberikan kesempatan untuk memeriksa pasukan kehormatan. Setelah itu, seluruh duta besar dikumpulkan di sebuah ruang tunggu. Kemudian satu persatu menyerahkan surat-surat kepercayaan kepada Raja Abdullah dengan menyebutkan nama dan negara masing-masing.


(mpr/mpr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed