DetikNews
Kamis 14 Agustus 2014, 16:24 WIB

Warga dan Bhabinkamtibmas Balaraja Gagalkan Pencurian Komputer di Gedung SMP

- detikNews
Jakarta - Aksi pencurian di gedung SMP Negeri 1 Sukamulya yang terletak di Kampung Gagunung RT 03/05 Desa Buniayu, Kecamatan Sukamulya, Kabupaten Tangerang berhasil digagalkan warga dan Bhabinkamtibmas. Total pelaku yang tertangkap ada 4 orang.

Kapolsek Balaraja AKP Awaludin Amin mengungkapkan, peristiwa terjadi pada Selasa (12/8/2014) pukul 04.30 WIB lalu. Diawali ketika satpam sekolah hendak membuka pintu gerbang dan melihat ada beberapa unit CPU berantakan.

"Kemudian satpam melihat ada orang yang melompat keluar pagar sekolah, sehingga diteriaki maling," kata Awal kepada detikcom, Kamis (14/8/2014).

Dengan sigap, satpam tersebut langsung menghubungi anggota Bhabinkamtibmas Polsek Balaraja. Mendapat laporan warga, anggota Bhabinkamtibmas Polsek Balaraja langsung bergegas ke TKP.

"Sementara warga yang sedang melakukan Siskamling langsung berkumpul dan mengejar para pelaku," katanya.

Tidak berapa lama, Bhabinkamtibmas dan warga berhasil menangkap 3 pelaku. Selanjutnya, Polsek Balaraja dibantu warga berhasil menangkap satu orang pelaku lainnya pada siang hari atau sekitar pukul 11.00 WIB.

"Sehingga total pelaku yang berhasil diamankan berjumlah 4 orang," imbuhnya.

Keempatnya, Y alias ABH (33), R (23), A (32) dan W (38). Keempatnya adalah buruh lepas.

Para pelaku telah mencuri 18 unit monitor LCD ukuran 14 inchi, 22 unit CPU merek Zyrex, 1 buah keyboard milik SMPN 1 Sukamulya. Total kerugian akibat pencurian itu ditaksir mencapai Rp 117 juta.

"Keempat pelaku sudah kami tahan untuk proses selanjutnya. Mereka dijerat dengan Pasal 363 KUHp tentang pencurian dengan pemberatan," pungkasnya.


(mei/rmd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed