DetikNews
Rabu 06 Agustus 2014, 19:22 WIB

Fenomena 'Jilboobs' di Kalangan Remaja yang Merebak Jadi Perhatian Serius KPAI

- detikNews
Jakarta -

Fenomena jilbab atau kerudung gaul kini tengah mewabah. Namun ada sisi yang disoroti Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) yakni soal 'jilboobs'. Apa itu?

Jilboobs ini yakni berpakaian jilbab atau mengenakan kerudung tetapi menampakan lekuk tubuhnya. Mereka yang memakai jilbab tapi tampak seksi. Bahkan kadang di sejumlah forum internet atau media sosial mereka yang memakai 'jilboobs' ini menjadi bahan olok-olokan.

"Hakekat jilbab itu untuk kepentingan menutup aurat. Di samping sebagai bentuk kepatuhan beragama, juga mmiliki manfaat sosial kemasyarakatan. Sungguhpun memakai pakaian, tetapi tetap menonjolkan lekuk tubuh, termasuk juga jenis pakaian tembus pandang, itu tetap tidak memenuhi standar kewajiban. Baik digunakan untuk laki-laki maupun perempuan," kata Ketua KPAI Asrorun Niam dalam keterangannya, Rabu (6/8/2014).

Doktor hukum Islam yang juga pengurus MUI ini juga menyampaikan, ketentuan aurat itu, di samping kewajiban menutup anggota yang wajib ditutup, juga tidak menonjolkan bentuk dan lekuk tubuh, baik karena tipis maupun karena ketat.

"Termasuk para pengusaha garmen dan desainer. Untuk memahami utuh agar mendesain pakaian yang bagus, modis tapi tetap memperhatikan aspek kepatutan dan kepatuhan," jelas dia.

"Jangan berkontribusi untuk meningkatkan kriminalitas dengan desain pakaian yang dipakai tetapi tetap mengeksploitasi lekuk tubuh. Memakai pakaian tetapi seperti telanjang," tutup dia.


(fjr/ndr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed