DetikNews
Kamis 31 Juli 2014, 17:02 WIB

Cek Jalur Puncak, Wakapolda Jabar: Lalin Luar Biasa Macetnya

- detikNews
Cek Jalur Puncak, Wakapolda Jabar: Lalin Luar Biasa Macetnya Foto: Farhan/detikcom
Bogor - Selama libur lebaran jalur ke Puncak Bogor macet parah. Pengguna jalan dari Jakarta tertahan berjam-jam. Padahal rekayasa arus lalu lintas sudah dilakukan. Wakapolda Jabar Brigjen Rycko Amelza Daniel mengecek langsung kondisi tersebut.

"Kondisi lalu lintas di sini (Puncak) sudah luar biasa macetnya. Saya imbau bagi warga tujuan Bandung, Tasik dan sekitarnya dari arah Jakarta, melewati jalur alternatif Cikalong Wetan (Cianjur). Begitu juga dari arah sebaliknya (Bandung-Jakarta). Ini untuk menghindari kemacetan di Puncak," kata Rycko usai memantau jalur Puncak, Kamis (31/7/2014).

Jalur Cikalong, kata Rycko, merupakan jalur alternatif menuju Jakarta dan Bogor. Dari Cianjur melalui jalur Cikalong, pengguna jalan bisa ke Gunungputri dan Cibubur via Jonggol. Jalur alternatif lainnya, yakni jalan Cianjur Sukabumi.

Menurut Rycko, kepadatan kendaraan diperkirakan akan terjadi hingga hari Minggu (3/8) mendatang seiring dengan puncak arus balik.

Pada H+3 atau hari ini, kemacetan di Jawa Barat secara umum sudah sangat luar biasa. "Ini karena semua orang ingin berwisata. Volume kendaraan jadi meningkat. Ditambah sudah ada sebagian warga yang mulai mudik," kata Rycko.

Kawasan Puncak memiliki jalur-jalur alternatif agar terhindar dari kemacetan di Gadog hingga Pasar Cisarua. Salah satunya adalah jalur via Desa Bendungan, Megamendung, atau sekitar 1 kilometer dari perempatan Ciawi menuju Gadog. Melalui desa Bendungan, pengguna jalan bisa 'tembus' ke belakang Pasar Cisarua. Sayang, jalur alternatif tidak cukup aman untuk dilalui.

"Sebenarnya bagus itu jalur alternatif (via Bendungan). Hanya saja, katanya ada beberapa jalur yang sulit dilalui dua kendaraan. Makanya, saya akan cek langsung jalur alernatif itu," kata Rycko.

Rycko memantau jalur aternatif di kawasan Puncak ditemani oleh Kapolres Bogor, AKBP Sony Mulvianto dan Kasat Lantas Polres Bogor, AKP Muhamad Chaniago.


(try/try)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed