DetikNews
Rabu 30 Juli 2014, 17:11 WIB

Korban Tewas Feri Tenggelam di Sungai Kapuas Kalteng Jadi 15 Orang

- detikNews
Samarinda - Korban tewas feri tenggelam di perairan Sungai Kapuas, Kalimantan Tengah, terus bertambah. Lima belas orang ditemukan tidak bernyawa, 12 diantaranya telah teridentifikasi. Sementara 3 orang masih dicari tim SAR gabungan.

Tiga jenazah terbaru yang ditemukan dan dievakuasi tim SAR, Rabu (30/7/2014), sekitar pukul 16.15 WIB dan pukul 16.35 WIB tadi, kini tengah dalam proses identifikasi di rumah sakit terdekat. Total 15 orang meninggal akibat peristiwa tersebut.

"Korban yang masih dicari ada 3 orang. Korban selamat keseluruhan 52 orang. Jadi total ada 70 orang penumpang feri," kata Kasie Operasional Basarnas Kantor SAR Banjarmasin, Wasino, saat dikonfirmasi detikcom, Rabu (30/7/2014).

Wasino menjelaskan, meski data tersebut masih bersifat sementara, diharapkan keluarga korban yang melapor anggota keluarganya menjadi penumpang feri tersebut ke Posko SAR tidak terus bertambah. Meski begitu, sambung Wasino, tim SAR akan terus melakukan pencarian dengan kekuatan penuh.

"Tim pencarian yang diterjunkan ke lokasi kekuatan penuh. Sejak pagi tadi pukul 06.00 WIB, tim SAR gabungan bekerja keras mencari korban dengan menyusuri Sungai Kapuas searah arus sungai," ujar Wasino.

"Selain menyusuri sungai, masyarakat juga sangat membantu tugas SAR. Mereka adalah penyelam tradisional yang membantu untuk melakukan penyelaman ke bawah permukaan sungai," tambahnya.

Selain korban penumpang, 19 dari 20 unit motor yang tenggelam, juga berhasil dievakuasi ke darat sedari pagi tadi. Wasino menjelaskan, sepanjang hari ini, tim SAR tidak menemukan kendala berarti dalam pencarian korban dan proses evakuasi bangkai kendaraan.

"Tidak menyulitkan, arus Sungai Kapuas normal saja, tidak terlalu deras," tutup Wasino.

Feri penyeberangan 'Berkah Bersaudara' rute Panamas-Kapuas, tenggelam di Sungai Kapuas, Kalimantan Tengah, Selasa (29/7/2014) pagi kemarin sekitar pukul 09.15 WIB. Diduga kuat, feri tersebut melebihi kapasitas karena manifest tercatat 60 orang penumpang. Beberapa jam usai kejadian, 10 orang ditemukan meninggal. Selain mengangkut penumpang, feri nahas itu juga mengangkut 20 unit motor. Tim SAR gabungan dengan back up penuh TNI dan Polri, melakukan pencarian dibantu masyarakat setempat.


(bpn/bpn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed