DetikNews
2014/07/23 12:35:27 WIB

Revolusi Mental dan 8 Janji Jokowi-JK

- detikNews
9 Mengalihkan Penggunaan BBM ke Gas
Halaman 10 dari 10
Revolusi Mental dan 8 Janji Jokowi-JK

Jokowi mengungkapkan energi yang dimiliki Indonesia sangat berlimpah mulai dari minyak bumi, gas bumi dan panas bumi sampai energi baru terbarukan (EBT).

"Energi minyak, gas, panas bumi dan EBT kita sangat berlimpah," kata Jokowi dalam debat Capres Cawapres 2014, di Hotel Bidakara, Jl Gatot Subroto, Jakarta, Sabtu (5/7/2014).

Namun untuk mengurangi konsumsi BBM yang membuat subsidi mencapai ratusan triliun rupiah, Indonesia harus memanfaatkan berlimpahnya energi yang belum termanfaatkan maksimal, terutama dari gas bumi dan panas bumi sampai energi terbarukan.

"Untuk itu kita harus berani putuskan, BBM harus dialihkan ke gas, hal ini akan mengurangi beban dari penggunaan BBM," ucap Jokowi.

Tentunya untuk dapat mengalihkan konsumsi BBM ke gas, diperlukan infrastruktur seperti pipa gas, sehingga gas bisa digunakan untuk transportasi publik dan perumahan.

"Kita akan kerjakan pipanisasi gas dalam waktu 3 tahun dengan kecepatan tinggi, kita bangun di banyak kota besar di Indonesia" katanya.

Selain itu Jokowi menilai, sektor EBT di Indonesia kurang insentif sehingga investor dan petani tidak mau mengembangkan EBT.


(erd/nrl)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed