DetikNews
Senin 21 Juli 2014, 21:13 WIB

Jembatan Comal Ambles, KAI Perpanjang Rute KA Pekalongan Ekspres

- detikNews
Jembatan Comal Ambles, KAI Perpanjang Rute KA Pekalongan Ekspres
Semarang - Amblesnya jembatan Comal di Kabupaten Pemalang berdampak pada jumlah penumpang kereta api. Bahkan KA Pekalongan Ekspres memperpanjang rutenya dari Semarang-Pekalongan menjadi Semarang-Pemalang PP.

Humas PT KAI Daop IV, Suprapto mengatakan lonjakan penumpang terjadi pada KA lokal Kaligung Semarang-Tegal. Jumlah penumpang naik 1.500 orang setiap hari sejak hari Jumat (18/7) lalu.

"Di hari biasa jumlahnya antara 2.500 - 3.000 penumpang, mulai Jumat kemarin menjadi 4.000-4.500 penumpang per harinya," kata Suprapto kepada detikcom, Senin (21/7/2014).

Sementara itu untuk KA jarak jauh memang tidak akan mengalami penambahan jumlah penumpang karena pemudik sudah bisa memesan tiket jauh-jauh hari dan tiket sudah semua terbeli.

"Kalau untuk KA jarak jauh dan menengah, sudah penuh dari Jakarta karena pengaruh memasuki angkutan lebaran," tandasnya.

Oleh sebab itu untuk melayani masyarakat yang ingin mudik namun terkendala amblesnya jembatan Comal, PT KAI mulai besok akan memperpanjang rute KA Pekalongan ekspres yang baru saja di launching 11 Juli lalu itu.

"Perpanjangannya mulai besok. Kebanyakan pembelian (tiket) go show," tegasnya.

Diketahui, jembatan Comal yang ambles tersebut menyebabkan jalur pantura di Pemalang putus total. Akibatnya kendaraan harus memutar lewat jalur Tengah dan Selatan. Bagi masyarakat yang akan pergi ataupun mudik diharapkan memlih moda lain seperti kapal, pesawat, atau kereta api.


(alg/fjr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed