DetikNews
Selasa 24 Juni 2014, 15:25 WIB

SBY Cerita Jelang Akhir Masa Jabatan di Depan Akademisi Harvard

- detikNews
SBY Cerita Jelang Akhir Masa Jabatan di Depan Akademisi Harvard
Jakarta - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menerima delegasi Asia Leadership Trek, Center for Asia Leadership Initiatives, Universitas Harvard, Amerika Serikat.

Menurut SBY, Indonesia adalah studi yang menarik bagi akademisi bidang Hubungan Internasional, Ilmu Politik, dan Studi Pembangunan.

"Saya tahu Anda berkeliling ke negara-negara Asia, dan saya rasa setiap negara ini akan menawarkan pelajaran uniknya masing-masing," ujar SBY dalam sambutannya di Istana Negara, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Selasa (24/6/2014).

SBY mengatakan prioritas pemerintah empat bulan ke depan adalah menjaga momentum positif Indonesia dalam setiap aspek. Yakni, pemilu yang bebas dan adil, pembangunan demokrasi, stabilitas politik, pertumbuhan ekonomi, dan keadilan sosial.

"Saya juga akan menjaga keamanan Indonesia dari segala kemungkinan ancaman global," tutur SBY.

Dalam kesempatan itu SBY juga sempat mengungkapkan ruang kerja presiden yang jauh dari mewah. Dari ruangan kecil itu, SBY mengerjakan tugas-tugas kenegaraan.

SBY juga bercerita soal masa tugasnya yang akan berakhir pada Oktober mendatang. SBY menjelaskan, sesuai UU, presiden hanya boleh menjabat selama dua periode.

"Pada masa-masa ini, saya akan segera menyelesaikan periode kedua masa jabatan saya. Karena Presiden Indonesia tidak boleh lebih dari dua periode," ungkapnya.

Sebelum mendengarkan sambutan SBY, Director of Indonesia and Pre-Trek Preparation Andi Sparringa menjelaskan bahwa kedatangan delegasi ini untuk memperluas kerja sama dan hubungan antara Universitas Harvard, Massachusetts Institutes of Technology (MIT) dan Tufts dengan komunitas lokal di Asia, dan Indonesia secara khusus.

Andi menyampaikan apresiasinya atas upaya Presiden SBY dalam pembangunan ekonomi dan demokrasi, serta stabilitas politik.

"Anda (Presiden SBY) juga memberikan upaya keras dan sungguh-sungguh untuk mempromosikan perdamaian di kawasan dan juga dunia," ujar Andi.

Asia Leadership Trek adalah tur sosio-ekonomi dan politik ke enam negara Asia yang diselenggarakan oleh Center for Asia Leadership Initiatives dari Universitas Harvard.

Delegasi yang datang kali ini terdiri 33 peserta dari 22 negara. Mereka berasal dari Harvard Politic School, Harvard Business School, Harvard Graduate School of Education, Harvard Graduate School of Art and Sciences, Harvard Medical School, MIT, dan Fletcher of Law and Diplomacy.



  • SBY Cerita Jelang Akhir Masa Jabatan di Depan Akademisi Harvard
  • SBY Cerita Jelang Akhir Masa Jabatan di Depan Akademisi Harvard

(mpr/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed