detikNews
Senin 23 Juni 2014, 12:09 WIB

Sikap Jokowi Dukung Kemerdekaan Palestina Terus Banjir Pujian

- detikNews
Sikap Jokowi Dukung Kemerdekaan Palestina Terus Banjir Pujian
Jakarta - Capres Joko Widodo menyampaikan dukungan untuk Palestina di pidato pembukaan debat capres putaran ke tiga malam ini. Mendukung kemerdekaan negara lain adalah amanat konstitusi. Sikap tegas itu pun terus mendapat apresiasi.

"Sikap ini jelas, menunjukkan komitmen seorang capres dan itu sangat penting. Penegasan Jokowi itu sudah benar dan memang seharusnya begitu," ujar Direktur Pusat Kajian Timur Tengah dan Dunia Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Hery Sucipto, dalam keterangannya, Senin (23/6/2014).

Hery setuju dengan pendapat Jokowi yang menyebut kemerdekaan Palestina sesuai dengan konstitusi bangsa Indonesia. Dukungan tersebut menunjukkan Jokowi-JK memiliki komitmen yang jelas dan tegas untuk ikut menciptakan tatanan dunia yang damai dan sejahtera.

"Saya melihat, persoalan Palestina yang menahun ini menjadi masalah dan tanggung jawab dunia, bukan hanya Indonesia. Palestina yang dijajah Israel jelas melanggar prinsip-prinsip kemanusiaan dan HAM," lanjut Hery.

Ia berharap, pemerintahan mendatang memberikan perhatian khusus kepada bangsa Palestina. Prinsip dasar politik luar negeri kita, tambah dia, adalah bebas aktif.

"Dengan prinsip tersebut, harusnya Indonesia dapat lebih aktif berperan dalam perdamaian Palestina-Israel serta konflik lain. Selama ini, peran Indonesia masih sangat minim," katanya.

Sebelumnya, Jokowi menegaskan dukungannya bagi Palestina. Dukungan itu disampaikan dalam acara debat capres.

"Di dalam Pembukaan UUD '45 jelas, bahwa kemerdekaan itu adalah hak segala bangsa. Itu amanat konstitusi," kata Jokowi.

Jokowi mendukung Palestina menjadi negara merdeka, negara yang berdaulat. Dia juga mendukung Palestina menjadi anggota penuh PBB.

"Itu amanat konstitusi," kata Jokowi menegaskan.



  • Sikap Jokowi Dukung Kemerdekaan Palestina Terus Banjir Pujian
  • Sikap Jokowi Dukung Kemerdekaan Palestina Terus Banjir Pujian

(mok/trq)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com