detikNews
Sabtu 21 Juni 2014, 15:54 WIB

Soldaten Kaffe yang Sempat Dituding Berbau Nazi Hadir Lagi, Kini Tampil Beda

- detikNews
Soldaten Kaffe yang Sempat Dituding Berbau Nazi Hadir Lagi, Kini Tampil Beda
Bandung - Masih ingat dengan kafe kontroversial Soldaten Kaffe? Salah satu kafe di Kota Bandung yang sempat disebut-sebut sebagai 'kafe Nazi' tersebut kini akan buka kembali dengan konsep yang baru.

Kurang lebih sekitar setahun lalu, pemilik kafe tersebut yakni Henry Mulyana terpaksa menutup kafenya pasca pemberitaan soal kafe yang berbau 'Nazi' itu.

Kafe tersebut marak diperbincangkan media internasional. Karena terlanjut meluas, sang pemilik merasa terkecam dan mengaku menerima banyak teror baik dari dalam maupun luar negeri.

Soldaten Kaffee sendiri merupakan kafe yang memiliki tema sejarah Jerman dan Perang Dunia II. Interior di kafe tersebut meliputi alat perang PD II, boneka tiruan tokoh-tokoh Nazi, baju perang khas Nazi dan foto-foto zaman perang, serta lukisan Adolf Hitler. Karena interior dan kontroversial tersebut itulah kafe tersebut menuai banyak kecaman.

Menurut Henry selaku pemilik kafe, Soldaten Kaffe kini di bawah manajemen baru dengan konsep yang bru. Tak hanya menampilkan tentang sejarah Jerman, juga menampilkan sejarah tentara sekutu Jepang, Inggris dan lainnya.

"Sekarang konsepnya tidak hanya jerman saja, konsepnya global, ada Amerika, Inggris, Belanda dan Jepang. Interiornya tetap sama, ada poster, perlengkapan militter dan lainnya," kata Henry dalam jump pers yang digelar di Soldaten Kaffe, Jalan Cikawao, Sabtu (21/6/2014).

Henry pun menegaskan bahwa semua interior yang digunakan murni untuk dekoratif saja.

"Tidak ada unsur politik apapun. Kita pajang militernya saja, bukan politik dan hal-hal lain. Murni dekorasi saja," ujar Henry yang mengkoleksi sejarah PD II ini sejak tahun 2006.




  • Soldaten Kaffe yang Sempat Dituding Berbau Nazi Hadir Lagi, Kini Tampil Beda
  • Soldaten Kaffe yang Sempat Dituding Berbau Nazi Hadir Lagi, Kini Tampil Beda

(avi/ndr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com