DetikNews
Rabu 11 Juni 2014, 10:03 WIB

SBY Akan Terima Gelar Profesor Ilmu Ketahanan Nasional dari Unhan

- detikNews
SBY Akan Terima Gelar Profesor Ilmu Ketahanan Nasional dari Unhan
Jakarta - Universitas Pertahanan (Unhan) akan memberikan gelar guru besar bidang ilmu ketahanan nasional bagi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Alasannya, SBY layak menerima gelar tersebut karena berbagai prestasi dan kontribusinya di bidang pendidikan serta pertahanan.

"Besok tanggal 12 Insya Allah kami akan mengukuhkan bapak Dr Susilo Bambang Yudhoyono sebagai professor atau guru besar. Ini merupakan hasil dari sidang senat terbuka akademik Unhan," kata Rektor Unhan Laksamana Madya Dr DA Mamahit di kantor Kemenhan, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (11/6/2014).

Mamahit mengatakan, pemberian gelar ini bukan semata-mata karena jasa SBY yang merupakan salah satu inisiator berdirinya Unhan pada tahun 2009 lalu. SBY dinilai kapabel dalam bidang pertahanan dan memenuhi syarat sebagai guru besar sesuai Permendikbud nomor 40 tahun 2012 tentang pengangkatan profesor/guru Besar tidak tetap perguruan tinggi.

"Tidak mudah untuk mendapat gelar guru besar. Beliau harus memenuhi kuota jam mengajar, telah menulis ribuan artikel, mengikuti berbagai konvensi dan sebagainya," kata Mamahit.

Menurutnya, selain sebagai penggagas, SBY juga turut menyusun perubahan pendidikan dan kurikulum di Unhan. SBY juga menjadi menjadi dosen pengajar di Unhan terutama dalam bidang kepemimpinan strategis.

"Prestasi beliau cukup banyak dan sering mendapat penghargaan dari berbagai universitas dari dalam maupun luar negeri," katanya.

Saat ini Universitas Pertahanan baru memiliki program khusus S2 dengan 2 fakultas. Yaitu Fakultas Strategi Pertahanan yang terdiri dari program studi Strategi Perang Semesta, Damai dan Resolusi Konflik serta Perang Asimetris. Dan Fakultas Manajemen Pertahanan yang terdiri dari program studi Manajemen Pertahanan, Ekonomi Pertahanan, Manajemen Bencana untuk Keamanan Nasional, Keamanan Energi dan Keamanan Maritim.

"Memang kita baru memiliki program S2 karena kita harapkan siswanya dari kalangan militer dan sipil yang rata-rata sudah S1. Nanti secara bertahap kita akan buka untuk S3," katanya.

Namun saat ini tak hanya dari kalangan militer dan sipil, Unhan juga menampung mahasiswa dari kalangan swasta. Sebab universitas ini bukan ikatan dinas.

"Setelah S3, tidak menutup kemungkinan kita juga akan membuka program S1," tutupnya.



  • SBY Akan Terima Gelar Profesor Ilmu Ketahanan Nasional dari Unhan
  • SBY Akan Terima Gelar Profesor Ilmu Ketahanan Nasional dari Unhan

(kff/ndr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed