DetikNews
Sabtu 24 Mei 2014, 15:11 WIB

Mahfud: Nggak Ada Pemimpin yang Mampu Tegakkan Hukum dengan Benar

- detikNews
Mahfud: Nggak Ada Pemimpin yang Mampu Tegakkan Hukum dengan Benar
Jakarta - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD mengatakan Indonesia tidak memiliki pemimpin yang bisa menegakkan hukum dengan baik. Oleh sebab itu Indonesia butuh sosok pemimpin yang tegas dan memiliki ideologi kuat untuk menjaga persatuan bangsa.

“Yang nggak ada di negara kita ini adalah pemimpin yang mampu menegakkan hukum dengan benar,” kata Mahfud. Hal ini disampaikanya dalam diskusi nasional dan gebyar budaya oleh Paguyuban Golf Insan Cita (PGIC) dan Forum Diskusi Insan Cita Sejahtera (Fordis ICS) bertajuk 'Membangkitkan semangat kebanggaan dalam Menatap Masa Depan Idonesia' di Hotel Le Meridien, Jakarta Pusat, Sabtu (24/5/2014).

Menurutnya, persoalan Indonesia dirasanya bukan lagi pada ideologi, tetapi tidak tegaknya keadilan. “Radikalisme menumpang pada orang yang merasa tidak adil, sehingga banyak muncul gerakan radikal,” kata Mahfud.

Dia pun menuturkan, dalam pencarian pemimpin bangsa yang baru, yang akan segera dilakukan lewat Pilpres 9 Juli nanti, yang dicari bukan lagi yang menawarkan konsep-konsep wah. “Semua konsep-konsep itu sudah kita punya, tapi dikorupsi, dilanggar aturannya sehingga bangsa kita nggak maju-maju. Karena penegakan hukumnya yang kurang itu tadi,” tutupnya.

Mahfud menilai Indonesia sudah berhasil membangun bangsa dengan mengusung ideologi Pancasila. Selama ini tidak ada kekuatan yang bisa meruntuhkan dasar negara tersebut, meskipun setiap jelang Pilpres ada yang berusaha untuk mengubah dasar negara menjadi agama tertentu.

“Pancasila itu enggak bisa dipertentangkan oleh agama. Ada yang bilang suatu negara akan kuat pemerintahnya adil meskipun pemerintahnya kafir. Sebaliknya akan hancur suatu negara kalau pemerintahnya nggak adil meskipun pemerintahnya Islam,” imbuhnya.



  • Mahfud: Nggak Ada Pemimpin yang Mampu Tegakkan Hukum dengan Benar
  • Mahfud: Nggak Ada Pemimpin yang Mampu Tegakkan Hukum dengan Benar

(ros/slm)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed