DetikNews
Sabtu 24 Mei 2014, 15:07 WIB

SDA Harus Mundur atau Tidak, Ini Pertimbangan Presiden SBY

- detikNews
SDA Harus Mundur atau Tidak, Ini Pertimbangan Presiden SBY
Jakarta - Keputusan mundur atau tidaknya Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali (SDA) dari jabatannya setelah menyandang status tersangka kasus korupsi penyelenggaran haji ada di tangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). SBY punya pertimbangan tersendiri.

"Saya belum bisa memberikan pernyataan mengenai hal ini karena belum ada pembicaraan. Tapi yang jelas, pandangan Bapak Presiden terhadap kasus ini agar Pak SDA bisa lebih konsentrasi kepada kasus yang disangkakan pada Beliau, tentu apa yang kita dengar bersama tentang adanya status tersangka maka tentu akan ada pertimbangan khusus dari SBY. Sementara itu, kita juga tahu bahwa menteri adalah decision maker dalam kementerian maka tentu trust masyarakat terhadap lembaga juga harus dijaga. Nah itu yang menjadi pertimbangan Pak Presiden," papar

Sebelum diputus hari Senin itu dipanggil atau bagaimana? "Tentu begini, karena bahwa menteri adalah political point, artinya diangkat dan diberhentikan penuh oleh presiden sesuai dengan UU. Jadi tentu semua akan dipertimbangkan oleh Presiden," jawab Julian.

Julian lalu mencontohkan kejadian saat eks Menpora Andi Mallarangeng. "Pada saat Beliau sebagai Menpora kan begitu dia ditetapkan menjadi tersangka pada hari yang sama, hari berikutnya dengan inisiatif sendiri membawa surat yang ditujukan sebagai pemberhentian Beliau sebagai Menpora dan ini diapresisasi oleh Pak SBY," ujar Julian.

Mengenani status SDA, menurut dia, Presiden SBY telah menerima laporan dari Wapres Boediono. "Tentu dilaporkan Wapres perkembangan di Tanah Air sebagaimana apabila Presiden sedang berada di luar tanah air, Pak Wapres memberikan informasi terkini mengenai situasi di Tanah Air," kata Julian.



  • SDA Harus Mundur atau Tidak, Ini Pertimbangan Presiden SBY
  • SDA Harus Mundur atau Tidak, Ini Pertimbangan Presiden SBY

(aan/mad)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed