detikNews
Rabu 21 Mei 2014, 17:09 WIB

SBY Akan Terima Gelar Kehormatan dari Presiden Filipina

- detikNews
SBY Akan Terima Gelar Kehormatan dari Presiden Filipina
Jakarta - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan melakukan kunjungan kerja ke Manila, Filipina. Presiden SBY akan menerima gelar Order of Sikatuna with the rank of Raja (Grand Collar) dari Pemerintah Filipina.

"Presiden Yudhoyono akan menerima gelar kehormatan Order of Sikatuna with the rank of Raja (Grand Collar) dari Pemerintah Filipina," ujar Staf Khusus Presiden Bidang Internasional Teuku Faizasyah dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Rabu (21/5/2014).

Presiden SBY bersama Ibu Negara Ani Yudhoyono akan berkunjung ke Filipina pada 22-24 Mei 2014. Penyerahan gelar itu akan diserahkan langsung oleh Presiden Filipina Benigno S. Aquino III pada jamuan santap malam kenegaraan.

Faizasyah mengatakan kunjungan kenegaraan ke Filipina ini merupakan kunjungan balasan terhadap kunjungan kenegaraan Presiden Benigno S. Aquino III ke Indonesia pada bulan Maret 2011. Presiden SBY dijadwalkan akan melakukan pertemuan empat mata dan bilateral dengan Presiden Benigno S. Aquino III.

Selama pertemuan bilateral, keduanya akan membahas isu-isu yang menjadi kepentingan bersama, termasuk kerjasama perdagangan dan investasi, kerjasama penanggulangan bencana, kerjasama perlindungan pekerja migran dan people-to-people contacts. Kedua pemimpin juga dijadwalkan akan menyaksikan penandatanganan beberapa MoU di bidang pendidikan dan kebudayaan, penanggulangan terorisme, dan delimitasi batas maritim.

"Persahabatan dan hubungan antara Indonesia dan Filipina selama ini telah berlangsung dengan erat dan kuat. Kunjungan Presiden Yudhoyono ini diharapkan dapat menciptakan momentum baru bagi kedua negara untuk memperkuat dan memperluas kerjasama di berbagai bidang. Dan terlaksananya penandatanganan MoU mengenai batas wilayah maritim oleh kedua delegasi tentunya akan menjadi capaian penting yang dapat memberi landasan baru bagi kerjasama bilateral yang lebih luas di masa mendatang," papar Faiz.

Selain kunjungan kenegaraan, Presiden SBY juga akan menghadiri dan menyampaikan pidato di acara World Economic Forum on East Asia (WEFEA). Pidato Presiden SBY diharapkan dapat memberi gambaran utuh mengenai berbagai perkembangan di Indonesia, khususnya terkait dengan realisasi kebijakan "sustainable growth with equity".

"Juga diharapkan dapat mendorong kerjasama bisnis dan investasi dengan para CEO yang hadir di acara WEFEA tersebut," imbuhnya.

Tema WEFEA kali ini adalah "leveraging growth for equitable progress." Akan hadir pada acara tersebut sejumlah pejabat tinggi negara dan para CEOs, khususnya dari kawasan Asia-Pasifik.

"Pada kesempatan WEFEA tersebut, Presiden Yudhoyono juga akan menerima 'Global Statesman Award' dari WEF," kata Faizasyah.

Presiden SBY dan Ibu Negara beserta rombongan akan kembali ke tanah air pada hari Sabtu tanggal 24 Mei 2014.



  • SBY Akan Terima Gelar Kehormatan dari Presiden Filipina
  • SBY Akan Terima Gelar Kehormatan dari Presiden Filipina

(mpr/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com