DetikNews
Jumat 16 Mei 2014, 12:46 WIB

Bocah Alami Kekerasan Seksual Guru, Playgroup di Sunter Ditutup Sementara

- detikNews
Jakarta - Playgroup 'SM' di Sunter Agung, Tanjung Priok, Jakarta Utara, ditutup sementara menyusul kasus dugaan kekerasan seksual yang dialami anak 3,5 tahun, murid playgroup oleh sang guru. Sekolah itu juga diketahui tidak mengantongi izin kegiatan belajar mengajar.

Kepala Suku Dinas Pendidikan Menengah Jakarta Utara, Mustafa Kemal, mengatakan berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi izin operasional hanya dimiliki Taman Kanak-kanak (TK) di sekolah itu.

"Saya perintahkan kepada Yayasan Pendidikan Mulia Bakti menghentikan kegiatan kelompok bermain SM terhitung 16 Mei 2014," kata Mustafa Kemal di sekolah tersebut, jalan Sunter Agung, Jakarta Utara, Jumat (16/5/2014).

Lanjutnya, usai resmi dihentikan proses kegiatan belajarnya sebaiknya yayasan menyalurkan peserta didik ke Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) terdekat atau dikembalikan ke orang tuanya.

"Dan yayasan harus menghentikan sementara guru yang diduga melakukan pelecehan seksual sampai ada sampai ada keputusan hukum tetap," jelasnya.

Mustafa menegaskan, yayasan harus meneliti kembali kualifikasi dan kompetensi guru playgroup atau dalam rekrutmen guru harus sesuai dengan Permendiknas No. 58 th 2008 serta yayasan dipersilakan untuk mengurus kelengkapan izin operasional layanan kelompok bermain sesuai dengan Permendikbud No. 81 tahun 2013 tentang Pendirian Satuan Pendidikan Non Formal.

"Ada 431 lembaga pendidikan non formal terdaftar dikita (di Jakarta Utara), selama ini sekolah TK mengira apabila sudah ada TK sudah mengantongi izin untuk kelompok bermain, padahal tidak demikian, selama ini kurangnya pengetahuan dari masyarakat saja," terang Mustafa.

Menanggapi penutupan playgroup tersebut, salah satu orang tua murid, Kristin, mengatakan tidak keberatan sekolah ditutup sementara. "Kita nggak tahu kalau playgroup tidak memiliki izin, dan kami juga masih belum percaya miss yang dituduhkan itu melakukan pelecehan seksual. Selama ini ngajar anak saya nggak pernah ada masalah," ujarnya.






(aan/mad)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed