DetikNews
Selasa 13 Mei 2014, 15:50 WIB

Cerita Soal Pencapresan, Jokowi: Lagi Enak Kerja di DKI, Disuruh Maju

- detikNews
Cerita Soal Pencapresan, Jokowi: Lagi Enak Kerja di DKI, Disuruh Maju
Jakarta - Capres PDIP, Joko Widodo menjadi pembicara di Rapimnas LDII. Mengawali pemaparan konsep pemerintahannya, Jokowi bercerita tentang perjalanan pencapresannya.

"Saya mau cerita dulu soal pencapresan saya. Tapi dari saya dicalonkan sebagai Wali Kota Solo," kata Joko Widodo di Balai Kartini, Jalan Gatot Subroto, Jaksel, Selasa (13/4/2014).

Ia menceritakan awalnya ia tak berminat menjadi walikota di Solo. Hal ini juga didukung oleh istri dan anak-anaknya. Namun, perjalanan takdir membawanya sebagai Wali Kota selama 5 tahun di Solo.

Di periode kedua, meski tak ingin, ia kembali dipaksa warga Solo untuk maju. Akhirnya, ia kembali menduduki kursi walikota.

3 tahun menduduki kursi walikota, ia ditawari Megawati untuk maju di pilkada DKI. Banyak yang memprediksi akan menang, Jokowi-Ahok bisa menang 2 putaran.

"Sekarang, baru senang-senangnya bekerja, setelah 6 bulan tiap hari datang lagi koran-koran bicara elektabilitas. Saya mikir dak mungkin dicalonkan," ujarnya.

Jawabannya ini mengundang tawa dan tepuk tangan peserta Rapimnas. Jokowi memang biasa berbicara santai dan apa adanya.

Ia menjelaskan jawaban 'nggak mikir' yang selalu dikatakan bila ditanya pencapresan karena Gubernur DKI ini mengaku tak berpikir soal pencapresan. Sampai akhirnya tanggal 14 Maret lalu, ia dideklarasikan sebagai capres dari PDIP.

"Malamnya, saya ditelepon bu ketua (Megawati). Katanya besok kerja biasa-biasa saja. Tidak usah ke luar kota. Kemungkinan dicapreskan. Besoknya ya saya kerja seperti biasa. Mutar-mutar di Marunda karena memang nggak tahu jam berapa," ujarnya yang disambut teput tangan peserta.

Tepat pukul 14.45 WIB bertempat di Rumah Si Pitung, Marunda ia ditelepon Megawati untuk dicapreskan oleh PDIP. Eks Walikota Solo ini mengaku pencapresannya murni dari partai tanpa pernah ia minta.

"Saya tidak pernah melobi untuk jadi capres, mendorong dan di partai juga tidak pernah. Itu juga tidak atas pengajuan diri saya. Karena saya tahu jadi presiden tidak gampang," ucapnya.

Usai bercerita tentang perjalanan pencapresannya, Jokowi lanjut memaparkan konsep Revolusi Mental untuk rakyat Indonesia. Peserta nampak menyimak dengan seksama.



  • Cerita Soal Pencapresan, Jokowi: Lagi Enak Kerja di DKI, Disuruh Maju
  • Cerita Soal Pencapresan, Jokowi: Lagi Enak Kerja di DKI, Disuruh Maju

(bil/van)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed