DetikNews
Jumat 02 Mei 2014, 16:03 WIB

Usai Diterima Istana, Massa Membubarkan Diri di Monas

- detikNews
Usai Diterima Istana, Massa Membubarkan Diri di Monas
Jakarta - 5 Perwakilan buruh keluar dari dalam kompleks Istana Merdeka. Salah satu perwakilan menyatakan hasil pertemuan itu akan diedarkan melalui laman Facebook KSPSI.

"Sudah ada tanda terimanya, nanti kami publish di Facebook dan email," kata Sekjen KSPSI Subianto di depan Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Jumat (2/5/2014).

Perwakilan buruh itu mengaku bertemu dengan asisten deputi dari Sekretaris Kabinet Dipo Alam. Ada 9 tuntutan yang disampaikan, salah satunya mengenai upah layak.

"Kita fokus berjuang kecuali ada yang baru, contoh tiba-tiba pemerintah menaikan harga bbm lagi," ujar Subianto.

"Kalau seandainya ini tidak ada respon, siap-siap Oktober nanti kita akan aksi lagi. 9 Tuntutan untuk Kemenkeu kemenakertrans, Kemenkes, Kemen BUMN dan sebagainya, akan kita tindaklanjuti lagi," ujar Subianto menambahkan.

Subianto kemudian menyindir aksi buruh yang dilakukan bertepatan pada May Day kemarin. "Kita selalu aksi bulan Februari tanggal 20, May Day 1 Mei kita pasti nggak lakukan. Karena kita kalau demo harus diterima oleh orang yang kita demo, kalau kemarin itu menguap aja di jalan," imbuhnya.

Usai menyampaikan aspirasinya di depan istana, para buruh kini menuju parkir IRTI Monas di Jl Medan Merdeka Selatan. Di mana,puluhan bus sudah menunggu mereka untuk kembali ke tempat masing-masing.

Saat meninggalkan Istana Negara, orator sempat menyapa puluhan mahasiswa yang melakukan aksi demonstrasi dalam rangka Hari Pendidikan Nasional. Para mahasiswa pun menyapa balik ke para buruh tersebut.

"Silakan mahasiswa lanjutkan perjuanganmu," kata orator.

Pantauan detikcom, lokasi di depan istana negara dipenuhi sampah-sampah plastik dan botol kemasan terutama di sisi pintu barat laut Taman Monas. Tampak juga trotoar taman rusak karena terinjak-injak buruh, termasuk kabel pembatas antara taman dan trotoar yang putus.



  • Usai Diterima Istana, Massa Membubarkan Diri di Monas
  • Usai Diterima Istana, Massa Membubarkan Diri di Monas

(vid/nal)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed