DetikNews
Jumat 02 Mei 2014, 15:56 WIB

Sidang Kasus Century

Sri Mulyani Siap Pertanggungjawabkan Putusan Dampak Sistemik Bank Century

- detikNews
Sri Mulyani Siap Pertanggungjawabkan Putusan Dampak Sistemik Bank Century
Jakarta - Mantan Menkeu yang juga sempat menjabat sebagai Ketua KSSK, Sri Mulyani, mengaku siap bertanggungjawab atas pengambilan keputusan Bank Century merupakan bank gagal berdampak sistemik.

"Keputusan bisa dipertanggungjawabkan," tegas Sri Mulyani saat bersaksi untuk terdakwa Budi Mulya di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jumat (2/5/2014).

Dalam rapat yang berlangsung maraton, sebelum pukul 04.00 WIB, Sri Mulyani akhirnya mengeluarkan putusan Bank Century ditetapkan sebagai bank gagal berdampak sistemik. Setelah itu, Bank Century pun diambil alih oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Sri Mulyani mengakui, seluruh peserta rapat saat itu memang sudah lelah. Namun dia percaya, segala pendapat atau keputusan yang diambil pasti melalui perhitungan yang matang.

Dalam mengambil keputusan, Sri Mulyani sempat menyebut latar belakang perasaan sebagai salah satu dasarnya. Pernyataan itu pun langsung disambar hakim anggota I Made Hendra dengan sejumlah pertanyaan.

"Apa ada dasar pengambilan keputusan berdasarkan perasaan?" tanya Hendra.

"Ada banyak teori yang mengatakan itu," tandasnya.

Sri Mulyani menilai kondisi perekonomian global memang sedang kacau. Namun karena Bank Century dikelola dengan buruk dan di dalamnya sudah muncul sejumlah masalah, membuat bank ini rontok pertama kali akibat guncangan krisis global.




  • Sri Mulyani Siap Pertanggungjawabkan Putusan Dampak Sistemik Bank Century
  • Sri Mulyani Siap Pertanggungjawabkan Putusan Dampak Sistemik Bank Century

(mok/ndr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed