DetikNews
Kamis 24 April 2014, 17:37 WIB

Kapal Tanker Jepang yang Berawak 7 WNI Dirampok 8 Perompak Berkapal Cepat

- detikNews
Jakarta - Kapal tanker milik perusahaan Jepang, Naniwa Maru I dibajak perompak di Selat Malaka. Perompak ini datang dengan menggunakan kapal cepat (speed boat).

"Perampok berjumlah 8 orang dan merampok dengan menggunakan 1 speedboat," kata Minister Councellor Pensosbud KBRI di Kuala Lumpur, M Irfan dalam rilisnya, Kamis (24/4/2014).

Hal ini disampaikan usai meninjau kapal tanker yang kini bersandar di pelabuhan utara Port Klang, Selangor, Malaysia. Mereka menggunakan kapal cepat menuju kapal tanker Naniwa Maru I. Selain itu, mereka juga memiliki 2 kapal tanker yang disiagakan untuk mengangkut hasil rampokannya.

Belum diketahui dari negara mana perompak ini berasal.Ada 5 juta liter solar yang dimuat kapal tersebut. "Muatannya telah dirampok sebanyak 3 juta," sambungnya.

Selain mengambil solar, insiden ini turut menghilangkan seorang kapten kapal dan 2 ABK senior yang semuanya WNI. Hingga saat ini proses pencarian masih terus dilakukan.

Di Malaysia, 15 ABK yang didalamnya termasuk 4 WNI yang selamat kini menjalani pemeriksa oleh polisi maritim setempat di Port Klang. Pihak agen kapal juga saat ini sedang mencari pengganti kapten kapal dan 2 ABK senior yang masih hilang. Selanjutnya, kapal yang dibajak pada 22 April ini dan seluruh ABK-nya ini akan dipulangkan ke Singapura, negara tempat kapal ini melepas sauh menuju Myanmar sebelum dibajak di Selat Malaka.





(bil/nwk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed