DetikNews
Kamis 24 April 2014, 17:09 WIB

Kapal Jepang yang Dibajak dan Memuat 7 ABK WNI Ada di Malaysia

- detikNews
Jakarta - Kapal tanker Jepang Naniwa Maru I yang dirampok oleh perompak di Selat Malaka kini berlabuh di Malaysia, tepatnya di pelabuhan utara Port Klang, Selangor. Kapal ini memuat 7 Anak Buah Kapal (ABK) yang berwarga negara Indonesia.

"Kapal tanker dimaksud (Naniwa Maru I) saat ini berada di pelabuhan utara Port Klang selepas ditunda oleh APMM Malaysia (Agency Penguat Kuasa Maritim Malaysia)," kata Minister Councellor Pensosbud KBRI di Kuala Lumpur, M Irfan dalam rilisnya, Kamis (24/4/2014).

Hal ini disampaikan Irfan usai meninjau langsung kapal tanker milik perusahaan Jepang ini. Kapal ini membawa 18 ABK, termasuk 7 ABK WNI. Di antara 7 ABK WNI, 3 orang masih hilang yakni kapten kapal serta 2 ABK senior.

Kini, seluruh ABK yang tersisa sedang menjalani pemeriksaan oleh polisi maritim setempat di Port Klang. Selain itu, masih dilakukan kerja sama dengan pihak APMM Malaysia dan agen kapal tersebut tentang nasib 3 WNI yang hilang serta 4 ABK yang selamat.

"KBRI memfasilitasi ABK (yang selamat) untuk memberi kabar pada keluarganya di Indonesia," sambungnya.

Kini, pihak agen kapal ini sedang melakukan proses pencarian dan perekrutan untuk mengganti kapten kapal dan ABK yang hilang. Setelah pengganti didapatkan, kapal Naniwa Maru I akan dikembalikan ke Singapura, tempat kapal lepas sauh menuju Myanmar sebelum dibajak di Selat Malaka.

Kapal tanker Naninwa Maru 1 dibajak oleh perompak di Selat Malaka pada 22 April pukul 01.00 dini hari waktu setempat. Dari 5 juta liter solar yang diangkut, perompak merampok 3 juta liter solar.




(bil/nwk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed