DetikNews
Senin 21 April 2014, 18:41 WIB

Hadi Poernomo, Siang Lepas Jabatan Ketua BPK Sore Jadi Tersangka

- detikNews
Hadi Poernomo, Siang Lepas Jabatan Ketua BPK Sore Jadi Tersangka detikcom
Jakarta - Istilah I hate Monday mungkin akan bergema di kepala Hadi Poernomo hari ini. Bagaimana tidak, dia baru siang tadi melakukan seremoni pelepasan jabatan sebagai Ketua BPK, namun pada sore harinya ditetapkan sebagai tersangka kasus pajak Bank BCA oleh KPK.

Undangan pelepasan Hari Poernomo dari BPK didapat awak media sejak Minggu. Berikut isi undangan yang diterima melalui pesan singkat:

BPK mengundang media massa dalam acara Pelepasan Ketua BPK Masa Akhir Jabatan 2009-2014 pada Hari/Tanggal: Senin, 21 April 2014, Pukul: 11.30 s.d. selesai. Tempat: Auditorium BPK, Gdg Tower BPK Lantai 2, Jl. Gatot Subroto No. 31 Jakarta. Dalam SMS yang dikirim hari Senin, acara itu dimajukan menjadi pukul 11.00 WIB.
Setelah acara dimulai, mantan Dirjen Pajak ini berpidato. Isinya, BPK menilai ada kejanggalan berdasarkan hasil audit tujuan tertentu yang dilakukan terhadap penambahan Penyertaan Modal Sementara (PMS) Bank Mutiara senilai Rp 1,25 triliun pada 23 Desember 2013.

"Hal ini mengakibatkan penurunan kolektabilitas kredit, kekurangan PPAP (Penyisihan Penghapusan Aktiva Produktif) sebesar Rp 607,05 miliar yang mempengaruhi kondisi keuangan bank," terangnya.

Usai memberikan sambutan, Hadi melakukan acara potong tumpeng nasi kuning sebagai tanda perpisahannya dengan awak BPK yang dikomandoinya selama lima tahun.
Tak dinyana, pada sore harinya Ketua KPK Abraham Samad menggelar jumpa pers. Isinya adalah menetapkan Hadi Poernomo, terkait posisinya saat menjadi Dirjen Pajak 2002-2004. Hadi diduga bermain dalam urusan pajak BCA. Hadi dalam kasus ini terancam 20 tahun penjara.
Sungguh hari yang dramatis di hidup Hadi.


  • Hadi Poernomo, Siang Lepas Jabatan Ketua BPK Sore Jadi Tersangka
    detikcom
  • Hadi Poernomo, Siang Lepas Jabatan Ketua BPK Sore Jadi Tersangka
    detikcom

(fiq/nrl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed