DetikNews
Sabtu 05 April 2014, 16:38 WIB

Kapolda Jabar: Kecelakaan KA Malabar Murni karena Faktor Alam

- detikNews
Kapolda Jabar: Kecelakaan KA Malabar Murni karena Faktor Alam
Tasikmalaya, - Kapolda Jabar Irjen Pol Mochamad Iriawan meninjau lokasi anjloknya KA Malabar di Kampung Terung, RT 05 RW 10, Desa Mekarsari, Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya. Sang jenderal bintang dua menjelaskan mengenai faktor penyebab tergulingnya kereta ini.

"Ini bukan sabotase, tapi kecelakaan ini murni akibat adanya tanah longsor berada di jalur KA. Jadi saya meminta, dinas perhubungan memetakan dimana saja titik rawan longsor yang dilalui jalur KA," katanya, Sabtu (5/4/2014) kepada wartawan.

Menurut Iriawan, jalur KA ini sebelumnya dilalui KA Argo Willis bersama seorang pengawas dari PT KAI. Akan tetapi setelah dilewati KA Malabar hujan terjadi dan mengakibatkan tanah longsor.

"Kalau penyebabnya bisa diakibatkan faktor alam, karena longsoran tanah sangat labil jadi tidak ada sabotase," jelasnya.

Sementara itu, petugas PT KAI dibantu dari TNI, Polisi, Brimob dan masyarakat masih melakukan evakuasi bangkai KA. "Semua pekerja kesulitan untuk melakukan upaya evakuasi KA Malabar ini, karena kondisi tanah merah dan berlengket serta berlumpur," papar Serda Dadang.



  • Kapolda Jabar: Kecelakaan KA Malabar Murni karena Faktor Alam
  • Kapolda Jabar: Kecelakaan KA Malabar Murni karena Faktor Alam

(fjr/fjr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed