DetikNews
Sabtu 05 April 2014, 16:37 WIB

Disediakan Laptop, 60 Persen Calon Hakim Agung Lebih Pilih Tulis Tangan

- detikNews
Disediakan Laptop, 60 Persen Calon Hakim Agung Lebih Pilih Tulis Tangan
Jakarta - Sebanyak 62 calon hakim agung mengikuti seleksi tahap II yang diadakan oleh Komisi Yudisial (KY). Seleksi hari pertama peserta ditugaskan membuat karya tulis.

Seleksi tahap II ini dilakukan di Balitbang Diklat Kumdil MA, Jl Cikopo Selatan, Megamendung, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (5/4/2014). Tempat duduk peserta tes dibagi menjadi 8 baris. Masing-masing 2 baris untuk kamar yang berbeda. Dua baris paling kiri untuk kamar Agama, selanjutnya Perdata, Pidana, dan dua baris paling kanan adalah Tata Usaha Negara (TUN).

Saat akan mengerjakan karya tulis peserta diberi fasilitas berupa laptop di meja masing-masing. Namun, hanya 23 orang (atau 40 persen) yang menggunakannya. Sisanya lebih memilih menulis dengan tangan.

"Mereka bisa memilih, dengan laptop atau tulis tangan," ujar komisioner KY Bidang Rekrutmen Hakim Taufiqurrohman Syahuri.

Karya tulis tidak ada batas maksimal halaman. Masing-masing kandidat bebas mengekspresikan pemikirannya. Karya hanya dibatasi waktu yaitu maksimal 4 jam dimulai pukul 09.30 WIB.

Dari total 64 calon hakim agung yang lolos seleksi administrasi dan berhak mengikuti seleksi kualitas hari ini, dua di antaranya izin tidak hadir. Kedua CHA tersebut yaitu Krisnadi Nasution yang menikahkan anaknya dan Endang Ali Ma'sum yang tengah sakit.

"Nanti karya tulisnya dinilai oleh beberapa pakar hukum, hasil seleksi tahap dua sendiri diumumkan 21 April 2014," jelas Taufiq.



  • Disediakan Laptop, 60 Persen Calon Hakim Agung Lebih Pilih Tulis Tangan
  • Disediakan Laptop, 60 Persen Calon Hakim Agung Lebih Pilih Tulis Tangan

(rna/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed